Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biografi Leonard Kleinrock, dari Eksperimen di Buku Komik hingga Jadi Ilmuwan Pelopor Internet

Kompas.com - 21/09/2021, 12:00 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

KOMPAS.com - Leonard Kleinrock adalah  ilmuwan Amerika Serikat (AS), yang berkontribusi penting dalam bidang ilmu komputer, khususnya pada landasan teoritis jaringan internet hingga disebut “Bapak Internet”.

Minatnya akan mesin dan teknologi ternyata justru berawal dari kecintaannya akan komik superhero. Dia memulai melakukan eksperimen pada usia sangat dini didukung oleh bahan bacaannya itu.

Dukungan orang tuanya yang besar terhadap minat anaknya membawanya hingga menjadi profesor di UCLA's Henry Samueli School of Engineering and Applied Science.

Dia memainkan peran berpengaruh dalam pengembangan ARPANET (pendahulu Internet), di UCLA.

Baca juga: Pemimpin Separatis Kashmir Meninggal, India Perketat Keamanan dan Putus Jaringan Internet

Eksperimen radio dari komik

Leonard Kleinrock lahir di New York City pada 13 Juni 1934 dari keluarga imigran Yahudi Ukraina miskin.

Duduk di bangku sekolah dasar Leonard Kleinrock gemar membaca komik. Ketika usianya enam tahun perhatiannya teralihkan pada bagian khusus dalam komik Superman yang dibacanya. Di dalamnya ada cara membuat radio kristal dari barang-barang rumah tangga.

Dia pun mempraktikkan instruksi itu dengan alat-alat antara lain: pisau cukur, beberapa pensil, gulungan kertas toilet, dan earphone (yang dia curi dari bilik telepon di toko permen di jalan).

Sang ibu yang mendukung keingintahuan putranya pun membantu Leonard Kleinrock kecil mencari kapasitor ke sebuah toko elektronik di kota New York. Untungnya petugas toko juga membantu bocah itu memilih bagian yang tepat.

“Oh, (seperti) keajaiban mendengarkan musik dari radio yang baru saya buat; dan tidak memerlukan baterai atau daya sama sekali,” ujarnya mengenang momen keberhasilan eksperimen pertamanya, dalam sebuah wawancara dengan IEEE History Center.

Setelah itu, dia terus melakukan eksperimen dengan membongkar radio lama, dan menggunakan bagian-bagiannya untuk merancang radio baru.

“Ibu saya tidak pernah menghalangi saya dan memberi saya tempat di belakang sofa kami untuk membuat kekacauan dan bermain-main.”

Baca juga: China Mulai Perangi Artis Miliarder, Beri Label “Tumor Sosial” hingga Dihapus dari Internet

Teori antrian

Dia melanjutkan sekolah ke Bronx High School of Science pada 1951. Gelar Bachelor of Electrical Engineering dia terima pada 1957 dari City College of New York.

Sementara gelar master dan doktor (PhD) di bidang teknik elektro dan ilmu komputer diperoleh dari Massachusetts Institute of Technology masing-masing pada 1959 dan 1963.

Dia kemudian bergabung dengan fakultas di University of California di Los Angeles (UCLA), di mana dia tetap sampai sekarang. Selama 1991-1995 ia menjabat sebagai Ketua Departemen Ilmu Komputer di sana.

Karya Leonard Kleinrock yang paling terkenal dan signifikan adalah teori antrian, yang diaplikasikan ke banyak bidang.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com