Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xin Zhui: Mumi "Cantik" Terawat Berusia Ribuan Tahun dari Zaman China Kuno

Kompas.com - 26/08/2021, 06:53 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Xin Zhui adalah putri bangsawan China kuno yang kaya raya dari Dinasti Han (206 SM - 220 M), dan menikah dengan seorang putra bangsawan juga, bernama Li Cheng.

Xin juga dikenal juga sebagai Lady Dai karena Li Cheng adalah seorang penguasa di wilayah Dai yang sekarang bernama Changsha, selama Dinasti Han.

Xin Zhui, anggota penting dari klan kuat "Xin", yang melahirkan seorang putra pewaris, tetapi catatan sejarahnya tidak diketahui.

Bangsawan wanita dari Dinasti Han ini memiliki postur tubuh yang tingginya 158 cm, yang hidupnya penuh daya dengan memiliki fasilitas terbaik pada masanya.

Mengutip Lady Dai 101, wanita aristokrat ini bak bintang di wilayah Dai, yang menyukai jamuan makan malam dengan diiringi musik orkestra, wewangian, dan pelayanan istimewa pada umumnya untuk kelas atas.

Baca juga: Dua Mumi Anak Singa Gua Zaman Es Ditemukan dalam Kondisi Sangat Baik, Masih Berbulu

Ia memiliki riwayat hidup yang sangat memanjakan lidah dengan makanan-makanan mewah di saat itu, seperti daging angsa, burung pegar, serta anjing.

Makanan-makanannya mewah, tetapi tidak sehat. Ia pun termasuk manusia yang pemalas, tidak banyak bergerak.

Ia memiliki riwayat duduk dalam jangka waktu yang lama, yang diyakini dilakukannya sambil menikmati pertunjukkan musik yang ia sukai.

Perempuan berdaya dengan limpahan kekayaan ini mengalami komplikasi kesehatan, yaitu kegemukan, tekanan darah tinggi, arteri koroner hampir seluruhnya tertutup lemak, kolesterol tinggi, diabetes, batu empedu, hingga penyakit hati.

Penyakit-penyakit itu sepertinya diobati dengan herbal, tetapi tidak bisa menyembuhkan dampak buruk dari pola hidup yang tidak sehat bangsawan wanita Dinasti Han itu.

Lady Dai meninggal di usia sekitar 50-an tahun, karena serangan jantung mendadak. Ia disebutkan sebagai manusia pertama yang didiagnosisi dengan penyakit jantung di zaman kuno.

Baca juga: 8 Mumi Kuno di Dunia dengan Kisah Tersembunyi

Mumi Xin Zhui 

Mumi Xin Zhui. [Via All Thats Interesting]Via All Thats Interesting Mumi Xin Zhui. [Via All Thats Interesting]

Pada 1971, di perbukitan Mawangdui, dekat kota Changsha di China ditemukan sebuah makam kuno berusia 2.200 milik Li Cheng dan Xin Zhui, bersama dengan sejumlah patung emas dan perak, perhiasan, serta pakaian sutra halus.

Yang paling menarik dari temuan itu adalah mayat Xin Zhui, ditemukan dalam kondisi masih "cantik" terawat, terpelihara dengan baik.

Kulitnya lembut dan kenyal, rambut, dan organ tubuhnya utuh. Kulit, persendian, dan ototnya masih lentur.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com