Profil Muhyiddin Yassin: Perdana Menteri Malaysia Tersingkat, Cuma 17 Bulan

Kompas.com - 16/08/2021, 16:30 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Suasana hati Muhyiddin Yassin riang gembira ketika dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia, 1 Maret 2020.

Sekitar pukul 10.30 waktu setempat, Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah melantiknya, usai pertemuan dengan seluruh anggota parlemen yang memegang mayoritas di lembaga legislatif.

Namun, 17 bulan berselang, raut riang gembira Muhyiddin berubah menjadi muram durja, karena dia harus melepas jabatannya setelah kehilangan dukungan mayoritas di parlemen.

Baca juga: BREAKING NEWS: PM Malaysia Muhyiddin Yassin Mundur bersama Kabinetnya

Upaya untuk meminta dukungan oposisi pun tak membuahkan hasil, bahkan sudah didesak mundur oleh sekutu dan raja pada akhir Juli.

Akhirnya, Muhyiddin mundur sebagai PM Malaysia pada Senin (16/8/2021) dengan berlabel perdana menteri tersingkat di "Negeri Jiran".

Profil Muhyiddin Yassin

Mengutip Kompas Tren pada 1 Maret 2020, Muhyiddin lahir pada 15 Mei 1947 di Muar, negara bagian Johor, Malaysia.

Muhyiddin adalah putra ulama terkemuka, Muhammad Yassin Muhammad.

Saat mengenyam pendidikan tinggi, Muhyiddin kuliah di Universitas Malaya lalu lulus dengan gelar Sarjana Ekonomi dan Studi Melayu.

Setelah lulus ia bekerja di berbagai perusahaan milik negara.

Muhyiddin Yassin melambaikan tangan dari dalam mobil saat memasuki Istana Negara, untuk bertemu Raja Malaysia Sultan Abdullah di Kuala Lumpur, Senin (16/8/2021). Muhyiddin mundur sebagai Perdana Menteri Malaysia setelah 17 bulan berkuasa.AP PHOTO/FL WONG Muhyiddin Yassin melambaikan tangan dari dalam mobil saat memasuki Istana Negara, untuk bertemu Raja Malaysia Sultan Abdullah di Kuala Lumpur, Senin (16/8/2021). Muhyiddin mundur sebagai Perdana Menteri Malaysia setelah 17 bulan berkuasa.
Naik turun karier politik Muhyiddin Yassin

Perjalanan karier politik Muhyiddin dimulai pada 1970. Kala itu ia menjabat sebagai Asisten Sekretaris Negara Johor.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.