Tokyo Rose: Wanita Pengirim Propaganda di Balik Siaran Radio Jepang

Kompas.com - 12/08/2021, 04:27 WIB

KOMPAS.com - Selama Perang Dunia II terdapat sosok wanita yang dikenal dengan "Tokyo Rose" yang membawa pesan propaganda kepada Amerika Serikat dalam siaran radio Jepang.

Siapakah Tokyo Rose?

Wanita bernama Iva Toguri, kelahiran Los Angeles pada 4 Juli 1916 adalah orang di balik sosok "Tokyo Rose".

Ia wanita berwarganegaraan Amerika Serikat, yang terpaksa melepaskan kewarganegaraannya saat berkunjung di Jepang dan tiba-tiba terjadi serangan di Pearl Harbor, seperti yang dilansir Kompas.com dari Biography.

Situasi tegang antarnegara membuatnya tidak bisa kembali, sehingga ia menetap di Jepang dan mendapatkan pekerjaan di radio sebagai pembawa acara "Zero Hour", sebuah program propaganda dan hiburan yang ditujukan untuk tentara Amerika.

Baca juga: Perempuan Berdaya: Mochizuki Chiyome, Pendiri Kelompok Ninja Wanita Abada ke-16

Hari Kemerdekaan Amerika

Pada Hari Kemerdekaan Amerika, 4 Juli 1916, Iva Toguri lahir di Los Angeles, California. Putri dari seorang ayah berdarah Jepang-Amerika yang memiliki toko impor.

Toguri terjebak dalam dua identitas budaya yang mengalir di darahnya sepanjang massa Perang Dunia II, di mana Jepang dan Amerika adalah dua negara berseberangan kubu.

Saat remaja, wanita ini memiliki cerita hidup yang normal saja, yaitu kuliah di UCLA untuk menjadi dokter. Ia lulus pada 1941, setelah itu cerita kehidupannya berubah.

Ia diberi liburan ke Jepang setelah lulus sekaligus menemui adik ibunya yang jatuh sakit di sana.

Pada 7 Desember 1941, ketika terjadi serangan terhadap Pearl Harbor di Hawaii

Ketegangan antara Jepang dan Amerika membuatnya tiba-tiba sulit untuk kembali ke Amerika. Ia ketinggalan kapal terakhir menuju Amerika, sehingga dia terjebak di Jepang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.