Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Senjata Rahasia Kuno yang Hilang dari Peradaban: Pedang Damaskus hingga Api Yunani

Kompas.com - 09/08/2021, 10:30 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Senjata selalu memainkan peran penting dalam peperangan dan setiap spesifikasinya memiliki potensi untuk meningkatkan kemenangan.

Misalnya, busur panjang bukan tandingan pistol, dan tank dengan mudah pasukan berkuda. Sementara, setiap zaman memiliki keunggulan senjata masing-masing.

Ada senjata tak tertandingi yang telah memberikan keungan besar di setiap medan perang, tetapi hilang tanpa bisa diproduksi lagi.

Berikut 3 senjata zaman kuno tangguh yang telah memberikan banyak kemenangan perang, seperti yang dilansir dari History of Yesterday:

Baca juga: 9 Senjata Tertua di Dunia yang Pernah Berjaya 1287 hingga 1861

1. Pedang Damaskus yang tidak dapat dipecahkan

Pedang Damaskus. [Via History of Yesterday]Via History of Yesterday Pedang Damaskus. [Via History of Yesterday]

Pedang ini dikenal sebagai baja Damaskus yang memiliki reputasi tidak mudah patah dan sangat fleksibel digunakan.

Namun sebenarnya, baja Damaskus berasal dari India. Alasan menamakannya baja Damaskus adalah karena orang Eropa biasanya membeli senjata berbahan baja jenis ini dari kota Damaskus di Suriah.

Pedang Damaskus ini adalah terbuat dari baja wootz yang ada di India Selatan sekitar 500 SM dan diekspor secara global sejak itu. Baja berkualitas tinggi dengan paduan seperti tungsten, vanadium, atau mangan.

Di kota Damaskus, pembuatan pedang dan belati berkembang pesat dari abad ke-3 hingga ke-17. Pandai besi Damaskus mengambil batangan kecil baja wootz dari India dan menempanya menjadi pedang dan belati legendaris.

Pada abad ke-18, teknik pembuatan baja Damaskus hilang sehingga hilang pula pedang Damaskus yang tersoroh. Ada banyak penyebab hilangnya pengetahuan pembuatan baja Damaskus ini.

Salah satunya adalah penindasan Inggris terhadap pertambangan dan manufaktur baja di India Selatan. Alasan lain yang mungkin adalah bahwa rahasia manufaktur baja Damaskus tidak diteruskan ke generasi berikutnya.

Ada beberapa upaya untuk merekayasa balik baja Damaskus untuk dijadikan pedang. Beberapa menyamai, namun tidak ada yang sepenuhnya berhasil menciptakan pedang yang sama.

Baca juga: Inilah 3 Senjata Kimia Paling Mematikan, Ada yang Bisa Membuat Koma Dua Hari

2. Pedang Ulfberht kualitas super

Pedang Ulfberht. [History of Yesterday]History of Yesterday Pedang Ulfberht. [History of Yesterday]

Pedang Ulfberht adalah pedang berkualitas tinggi yang dikenal pedangnya para Viking. Hanya prajurit elit Viking yang mampu membelinya.

Pedang ini dikenal karena ketajaman dan kekuatannya, sehingga senjata ini akan memberikan pemiliknya keuntungan besar selama pertempuran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com