Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tambahan Waktu Terlama di Sepak Bola, Ada yang Sampai 45 Menit

Kompas.com - 11/07/2021, 16:12 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

KOMPAS.com - Pertandingan sepak bola profesional beberapa kali berlangsung dengan tambahan waktu (injury time atau additional time) yang panjang karena berbagai hal.

Biasanya karena ada pemain yang cedera serius dan butuh perawatan langsung di tengah lapangan, atau akibat kerusuhan penonton sehingga laga harus dihentikan sementara.

Namun tahukah kamu, ada sebuah pertandingan yang tambahan waktunya sampai 45 menit?

Baca juga: 4 Kisah Perang Konyol dalam Sejarah Dunia

Laga "tiga babak" itu pernah terjadi di Football League Inggris dan menjadi tambahan waktu terlama di sepak bola.

Selain itu, ada juga tambahan waktu hampir setengah jam atau belasan menit seperti di big match Arsenal vs Liverpool musim 2010/2011.

Berikut adalah lima pertandingan dengan tambahan waktu terlama di sepak bola profesional.

1. 45 menit: Sunderland vs Derby County (1 September 1894)

Peristiwa unik terjadi di laga pembuka divisi satu Football League Inggris 1894/1895, karena wasit telat datang yang membuat pertandingan berlangsung tiga babak.

Saat itu wasit R Kirkham dari Darwen ditunjuk menjadi pengadil lapangan di laga Sunderland vs Derby County, tetapi dia tak bisa datang tepat waktu.

Pertandingan berlangsung pukul 15.30 waktu setempat, dan Kirkham mengirim telegram ke panitia pelaksana (panpel) bahwa dia baru bisa tiba sekitar pukul 17.00.

Dilansir dari footballsite.co.uk, 9.000 penonton sudah memenuhi stadion dan panpel tidak mau membuat mereka maupun pemain kedua klub menunggu terlalu lama.

Akan tetapi mencari wasit pengganti juga menjadi dilema, karena komite liga belum tentu mau mengakui pertandingan jika itu dilakukan.

Akhirnya kedua klub mengajukan protes, lalu panpel sepakat menunjuk wasit pengganti dan menyerahkan keputusan akhir pada komite liga, entah mau mengesahkannya atau tidak.

Wasit pengganti memimpin laga selama 45 menit babak pertama. Sunderland unggul dengan skor 3-0.

Masalah terjadi lagi saat turun minum, karena wasit utama datang dan meminta pertandingan berjalan 90 menit di bawah kepemimpinannya agar sah.

Derby yang tertinggal 3 gol jelas setuju, dan Sunderland tak bisa berbuat banyak karena terbentur regulasi. Keunggulan tiga margin mereka pun dihanguskan wasit Kirkham.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com