Kompas.com - 02/07/2021, 03:44 WIB
Ilustrasi bendera China. SHUTTERSTOCKIlustrasi bendera China.

KOMPAS.com - Republik Rakyat China (RRC) adalah bentuk pemerintahan di pusat China daratan, yang dibentuk oleh pemimpin Komunis China Mao Zedong dalam deklarasinya pada 1 Oktober 1949.

Pengumuman tersebut mengakhiri perang saudara skala penuh antara Partai Komunis China (CCP) dan Partai Nasionalis, atau Kuomintang (KMT), yang pecah segera setelah Perang Dunia II dan telah didahului oleh konflik antara kedua belah pihak sejak 1920-an.

Pembentukan RRC juga melengkapi proses panjang pergolakan pemerintahan di China yang dimulai dengan Revolusi China pada 1911.

Jatuhnya pusat China daratan di tangan komunisme pada 1949 membuat Amerika Serikat menangguhkan hubungan diplomatik dengan RRT selama beberapa dekade, seperti yang dilansir dari Office of the Historian.

Baca juga: Xi Peringatkan Negara yang Berani Bully China Akan Berdarah Terbentur “Tembok Besar Baja”

Kemunculan komunis

Komunis masuk Beijing pada 1949 melalui Partai Komunis China yang didirikan pada 1921 di Shanghai.

Awalnya, sebagai kelompok belajar yang bekerja dalam batas-batas Front Persatuan Pertama dengan Partai Nasionalis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Komunis China bergabung dengan Tentara Nasionalis dalam Ekspedisi Utara pada 1926–1927 untuk membersihkan bangsa dari para panglima perang yang mencegah pembentukan pemerintahan pusat yang kuat.

Kolaborasi ini berlangsung sampai “Teror Putih” pada 1927, ketika Nasionalis menyerang Komunis, membunuh mereka atau membersihkan mereka dari partai.

Setelah Jepang menginvasi Manchuria pada 1931, Pemerintah Republik China (ROC) menghadapi ancaman rangkap 3 yaitu invasi Jepang, pemberontakan Komunis, dan pemberontakan panglima perang.

Frustrasi oleh fokus pemimpin Nasionalis Chiang Kai-shek pada ancaman internal dibanding serangan Jepang, sekelompok jenderal menculik Chiang pada 1937 dan memaksanya untuk mempertimbangkan kembali kerja sama dengan tentara Komunis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.