Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Berdaya: Organisasi Nasional untuk Perempuan (NOW) Terbesar di Amerika Serikat

Kompas.com - 30/06/2021, 17:14 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Organisasi Nasional untuk Perempuan (NOW) adalah organisasi perempuan terbesar di Amerika Serikat (AS) sejak berdiri pada 30 Juni 1966.

NOW didirikan oleh sekelompok aktivis feminis untuk secara aktif menentang diskriminasi perempuan di masyarakat. Saat ini, organisasi tersebut memiliki anggota sekitar 500.000 dan 550 cabang di 50 negara bagian A, seperti yang dilansir dari Learningtogive.org.

NOW mengambil tindakan melalui aktivisme akar rumput interseksional untuk mempromosikan cita-cita feminis, memimpin perubahan masyarakat, menghilangkan diskriminasi, untuk mencapai dan melindungi hak yang sama bagi semua perempuan dan anak perempuan dalam semua aspek kehidupan sosial, politik, dan ekonomi.

Tindakan NOW telah membantu menempatkan lebih banyak perempuan di posisi politik, meningkatkan kesempatan pendidikan, pekerjaan dan bisnis bagi perempuan, dan memberlakukan undang-undang yang lebih keras terhadap kekerasan, pelecehan, dan diskriminasi terhadap perempuan.

Baca juga: Perempuan Berdaya: Tomoe Gozen, Samurai Wanita Bernilai 1.000 Prajurit

Sejarah berdiri

Pada 30 Juni 1966, 28 perempuan berkumpul di kamar hotel Betty Friedan untuk membentuk organisasi baru bernama National Organization for Women (NOW).

Langkah itu dilakukan setelah mereka menghadiri Konferensi Nasional Ketiga Komisi Status Perempuan, yang pulang dengan kecewa.

Para perempuan tersebut tidak puas dengan cara pemerintah federal dalam menegakkan hak kesetaraan perempuan.

Sebelumnya, Presiden Kennedy telah membentuk Komisi Kepresidenan Status Perempuan (PCSW) pada 1961, untuk mempelajari dan menyelesaikan masalah yang dialami oleh perempuan di bidang-bidang seperti pekerjaan, pendidikan, serta undang-undang perpajakan.

Pada 1963, Betty Friedan telah menerbitkan karya klasik feminisnya yang inovatif "The Feminine Mystique".

Pada 1964, telah ada Undang-Undang Hak Sipil secara teknis yang melarang diskriminasi seks, meskipun banyak wanita masih merasa ada sedikit atau tidak ada penegakan hukum.

Pada Oktober 1966, Friedan terpilih sebagai presiden NOW dalam konvensi di Washington DC, yang dihadiri 300 orang, baik pria maupun wanita.

Pada akhir abad ke-20, NOW telah tumbuh menjadi salah satu kelompok advokat perempuan terbesar.

Baca juga: Perempuan Berdaya: Apa Kamu Tahu, Ini Para Pemimpin Terkuat Dunia di Zaman Kuno?

Orang penting dalam organisasi

Betty Friedan (1921-2006), membuat terobosan baru dengan bukunya, The Feminine Mystique (1963) yang menghilangkan mitos bahwa semua wanita terbatas hanya menjadi ibu rumah tangga.

Pada 1966, ia membantu mendirikan Organisasi Nasional untuk Wanita (NOW) dan menjabat sebagai presiden pertama.

Aileen C Hernandez (1926-2017), menjabat sebagai presiden kedua Organisasi Nasional Wanita (1970-1971) dan telah mendirikan beberapa organisasi wanita kulit hitam lokal dan nasional.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com