Oda Nobunaga: Panglima Perang Kejam yang Berambisi Menyatukan Jepang

Kompas.com - 14/06/2021, 08:49 WIB

KOMPAS.com - Oda Nobunaga adalah tuan tanah Jepang dari golongan samurai (daimyo) selama Zaman Sengoku hingga Zaman Azuchi-Momoyama dan dia memiliki pengaruh besar pada generasi berikutnya.

Nobunaga memimpin Jepang dari 1568 hingga 1582 yang dikenal sebagai salah satu dari 3 tokoh yang pernah menyatukan Jepang pada Abad Pertengahan. Dua tokoh lainnya adalah Toyotomi Hideyoshi dan Tokugawa Ieyasu, dari periode yang berbeda.

Nobunaga, seorang jenderal inovatif yang juga menggunakan diplomasi serta taktik dan senjata militer yang unggul untuk mengalahkan saingannya.

Panglima perang ini terkenal karena dorongan kejamnya untuk menaklukkan semua yang ada di hadapannya, seperti yang dilansir dari World History.

Baca juga: 10 Fakta Sejarah Samurai Jepang yang Melegenda

Nobunaga muda

Nobunaga lahir pada 3 Juli 1534, sebagai putra kedua dari Oda Nobuhide, yang merupakan seorang daimyo selama Zaman Sengoku di Provinsi Owari, di Kastil Shobata-jo, Jepang tengah, seperti yang dilansir dari Japanese Wiki Corpus.

Ibunya Dota-gozen adalah istri sah Nobuhide, ia menjadi penguasa Istana Nagoya-jo pada usia 2 tahun.

Nobunaga sering menunjukkan perilaku aneh dari kecil, sehingga dia disebut orang bodoh di Owari oleh orang-orang di sekitarnya.

Ada episode terkenal bahwa dia tertarik dengan senjata tanegashima yang diperkenalkan ke Jepang. Selain itu, ia bermain dengan anak muda di kota, seperti orang biasa tanpa memandang status sosial.

Ketika dia masih seorang pewaris muda, dia sering menunjukkan pertunjukan berani yang mengejutkan ayahnya Nobuhide, misalnya, dia membakar kota di dekat Kastil Kiyosu-jo

Pada 1546, ia merayakan pencapaian kedewasaannya di Kastil Furuwatari-jo dan mengidentifikasi dirinya sebagai Oda Kazusa no suke (Asisten Gubernur Provinsi Kazusa) Nobunaga.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.