Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/06/2021, 08:49 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Oda Nobunaga adalah tuan tanah Jepang dari golongan samurai (daimyo) selama Zaman Sengoku hingga Zaman Azuchi-Momoyama dan dia memiliki pengaruh besar pada generasi berikutnya.

Nobunaga memimpin Jepang dari 1568 hingga 1582 yang dikenal sebagai salah satu dari 3 tokoh yang pernah menyatukan Jepang pada Abad Pertengahan. Dua tokoh lainnya adalah Toyotomi Hideyoshi dan Tokugawa Ieyasu, dari periode yang berbeda.

Nobunaga, seorang jenderal inovatif yang juga menggunakan diplomasi serta taktik dan senjata militer yang unggul untuk mengalahkan saingannya.

Panglima perang ini terkenal karena dorongan kejamnya untuk menaklukkan semua yang ada di hadapannya, seperti yang dilansir dari World History.

Baca juga: 10 Fakta Sejarah Samurai Jepang yang Melegenda

Nobunaga muda

Nobunaga lahir pada 3 Juli 1534, sebagai putra kedua dari Oda Nobuhide, yang merupakan seorang daimyo selama Zaman Sengoku di Provinsi Owari, di Kastil Shobata-jo, Jepang tengah, seperti yang dilansir dari Japanese Wiki Corpus.

Ibunya Dota-gozen adalah istri sah Nobuhide, ia menjadi penguasa Istana Nagoya-jo pada usia 2 tahun.

Nobunaga sering menunjukkan perilaku aneh dari kecil, sehingga dia disebut orang bodoh di Owari oleh orang-orang di sekitarnya.

Ada episode terkenal bahwa dia tertarik dengan senjata tanegashima yang diperkenalkan ke Jepang. Selain itu, ia bermain dengan anak muda di kota, seperti orang biasa tanpa memandang status sosial.

Ketika dia masih seorang pewaris muda, dia sering menunjukkan pertunjukan berani yang mengejutkan ayahnya Nobuhide, misalnya, dia membakar kota di dekat Kastil Kiyosu-jo

Pada 1546, ia merayakan pencapaian kedewasaannya di Kastil Furuwatari-jo dan mengidentifikasi dirinya sebagai Oda Kazusa no suke (Asisten Gubernur Provinsi Kazusa) Nobunaga.

Pada 1551, ayahnya Nobuhide meninggal dan dia menggantikannya sebagai kepala keluarga serta pengausa Nagoya kastil.

Baca juga: Sejarah Samurai: Jalan Pedang yang Akhirnya Teredam

Lahirnya kekuatan Nobunaga

Dengan menggunakan kastil sebagai markasnya, Nobunaga memperluas dominasinya. Awal keberhasilnya ditandai dengan meruntuhkan kota Kiyosu pada 1555.

Lalu pada 1559, ia merebut dan melenyapkan benteng Iwakura. Reputasi panglima perang yang kejam saat itu telah melekat padanya, setelah ia memerintahkan pembunuhan terhadap saudara laki-lakinya sendiri pada 1557.

Pada 1560, di Pertempuran Okehazama panglima perang Mikawa, Imagawa Yoshimoto (1519-1560), dikalahkan dan dibunuh ketika pasukan Nobunaga yang kalah jumlah melakukan pengepungan yang mengejutkan terhadap musuh.

Nobunaga berkembang untuk menjadi pemimpin militer Jepang yang paling ditakuti.

Baca juga: Sejarah 3 Samurai yang Dikenal sebagai Pemersatu Jepang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com