Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Berdaya: Legenda Wanita Viking yang Perkasa

Kompas.com - 20/05/2021, 06:24 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber History

KOMPAS.com - Wanita di Zaman Viking menikmati lebih banyak kebebasan dan memegang lebih banyak kekuasaan dalam masyarakat mereka dari pada banyak wanita lain di sezamannya.

Bangsa Viking diketahui adalah orang-orang dari Skandinavia yang melakukan perjalanan laut panjang untuk menjelajah ke Inggris, Eropa, Rusia, pulau-pulau Atlantik Utara, dan Amerika Utara, sekitar 800-1100 M, seperti yang dilansir dari History

Judith JESch, penulis “Perempuan di Viking Age” (1991), telah menunjukkan, kata Norse “vikingar” hanya berlaku untuk laki-laki.

Baca juga: Perempuan Berdaya: 5 Petarung Wanita dari Zaman Kuno yang Mengukir Sejarah

Namun, penemuan kuburan Viking di Swedia yang berasal dari abad ke-10 menunjukkan wanita memegang posisi status tinggi dalam budaya Viking.

Legenda prajurit wanita Viking yang perkasa muncul dalam pengetahuan dan puisi Skandinavia dari Abad Pertengahan.

Kisah-kisahnya telah diceritakan di era modern juga. Namun, keberadaan petarung wanita dalam budaya Viking secara konsisten ditentang dalam sejarah resmi, dengan wanita sering diturunkan ke peran non-kombatan.

Penemuan luar biasa mengungkapkan faktanya. Dalam sebuah studi oleh para peneliti di Universitas Stockholm dan Uppsala dan diterbitkan dalam American Journal of Anthropology.

Berdasarkan analisis DNA yang diterbitkan 2014, memastikan bahwa individu dalam kuburan Viking itu adalah seorang wanita yang berusia lebih dari 30 tahun, yang tingginya sekitar 5 kaki 6 inci atau 1,6 m.

Beberapa senjata terkubur di samping kerangka tersebut, termasuk pedang, panah yang menembus baju besi, pisau perang, kapak, tombak dan dua perisai, menunjukkan bahwa kerangka itu kemungkinan besar adalah milik seorang pejuang.

Selain beragam senjata, juga ditemukan 2 kuda dan 1 set bidak permainan perang.

"Ini adalah konfirmasi formal dan genetik pertama dari seorang pejuang wanita Viking," kata Profesor Mattias Jakobsson dalam sebuah laporan oleh Universitas Uppsala.

Ini adalah bukti pertama yang menunjukkan bahwa senjata dan perlengkapan yang ditemukan di samping kerangka adalah milik wanita yang menempati kuburan.

Baca juga: [Perempuan Berdaya] 7 Pejuang Wanita dari India yang Pilih Bertarung hingga Mati

Menurut catatan arkeolog, penguburan kaum Viking unik, tetapi cukup konsisten, dan para petarung viking sering dikuburkan di samping harta benda mereka.

Harta benda ini bisa dari senjata mereka atau dalam beberapa kasus, wanita yang mereka ambil sebagai budak. Hasil dari studi, sisa-sisa yang ditemukan di kuburan Viking itu adalah wanita.

Untuk pertama kalinya, studi tersebut mencatat, dapat dikatakan bahwa wanita "mampu menjadi anggota penuh dari lingkungan yang didominasi pria", selama Zaman Viking.

Halaman:
Sumber History
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com