Kompas.com - 20/05/2021, 06:24 WIB

KOMPAS.com - Wanita di Zaman Viking menikmati lebih banyak kebebasan dan memegang lebih banyak kekuasaan dalam masyarakat mereka dari pada banyak wanita lain di sezamannya.

Bangsa Viking diketahui adalah orang-orang dari Skandinavia yang melakukan perjalanan laut panjang untuk menjelajah ke Inggris, Eropa, Rusia, pulau-pulau Atlantik Utara, dan Amerika Utara, sekitar 800-1100 M, seperti yang dilansir dari History

Judith JESch, penulis “Perempuan di Viking Age” (1991), telah menunjukkan, kata Norse “vikingar” hanya berlaku untuk laki-laki.

Baca juga: Perempuan Berdaya: 5 Petarung Wanita dari Zaman Kuno yang Mengukir Sejarah

Namun, penemuan kuburan Viking di Swedia yang berasal dari abad ke-10 menunjukkan wanita memegang posisi status tinggi dalam budaya Viking.

Legenda prajurit wanita Viking yang perkasa muncul dalam pengetahuan dan puisi Skandinavia dari Abad Pertengahan.

Kisah-kisahnya telah diceritakan di era modern juga. Namun, keberadaan petarung wanita dalam budaya Viking secara konsisten ditentang dalam sejarah resmi, dengan wanita sering diturunkan ke peran non-kombatan.

Penemuan luar biasa mengungkapkan faktanya. Dalam sebuah studi oleh para peneliti di Universitas Stockholm dan Uppsala dan diterbitkan dalam American Journal of Anthropology.

Berdasarkan analisis DNA yang diterbitkan 2014, memastikan bahwa individu dalam kuburan Viking itu adalah seorang wanita yang berusia lebih dari 30 tahun, yang tingginya sekitar 5 kaki 6 inci atau 1,6 m.

Beberapa senjata terkubur di samping kerangka tersebut, termasuk pedang, panah yang menembus baju besi, pisau perang, kapak, tombak dan dua perisai, menunjukkan bahwa kerangka itu kemungkinan besar adalah milik seorang pejuang.

Selain beragam senjata, juga ditemukan 2 kuda dan 1 set bidak permainan perang.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber History
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.