Kompas.com - 16/05/2021, 13:20 WIB
Sebuah jet tempur F-15 AU Israel. WikipediaSebuah jet tempur F-15 AU Israel.

KOMPAS.com – Sejak 1948, Israel telah menggunakan mesin militer yang sangat efektif. Pasukan Pertahanan Israel (IDF) juga telah mencatatkan beragam kesuksesan di medan pertempuran.

Pada 1960-an dan 1970-an, baik karena kebutuhannya sendiri maupun karena boikot internasional, Israel mulai mengembangkan teknologi militernya sendiri di samping mengadopsi teknologi dari asing.

Saat ini, Israel membanggakan angkatan bersenjatanya serta berbagai persenjataan berteknologi maju.

Melansir The National Interest, berikut empat senjata andalan Israel baik di darat, udara, dan laut untuk terjun ke medan pertempuran.

Baca juga: Ini Senjata-senjata yang Dipakai Israel Gempur Jalur Gaza

1. Tank Merkava

Iring-iringan tank Merkava dan kendaraan lapis baja Israel lainnya bergerak menuju perbatasan Jalur Gaza sebelum melakukan serangan darat.JACK GUEZ / AFP Iring-iringan tank Merkava dan kendaraan lapis baja Israel lainnya bergerak menuju perbatasan Jalur Gaza sebelum melakukan serangan darat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tank Merkava bergabung dengan IDF pada 1979, menggantikan tank asing yang dimodifikasi dan telah digunakan Israel sejak 1948.

Israel menggantungkan desain dan konstruksi tank ini secara domestik guna menghindari masalah pasokan asing yang tidak stabil.

Langkah tersebut juga memungkinkan Israel untuk fokus pada desain yang dioptimalkan untuk medan dan kondisi wilayah mereka.

Sekitar 1.600 unit tank Merkava dari berbagai jenis telah dioperasikan IDF, dengan beberapa ratus lagi masih dalam tahap pembangunan.

Lewat sejumlah pertempuran terbaru, IDF menggunakan Merkava untuk menembus posisi Palestina sementara sistem pertahanan aktifnya menjaga awaknya di dalam tetap aman.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.