Perayaan Idul Fitri di Seluruh Dunia dari Pakistan hingga Selandia Baru

Kompas.com - 12/05/2021, 07:23 WIB
Ilustrasi Masjid Unsplash/Katerina KerdiIlustrasi Masjid

KOMPAS.com - Idul Fitri dirayakan oleh seluruh Muslim di seluruh dunia, setelah melalui Ramadhan 30 hari yang berdasarkan kalender lunar. 

Proses puasa selama sebulan, membayar zakat fitrah, hingga shalat Id, dilakukan oleh semua Muslim, tetapi ada tradisi-tradisi berbeda dari berbagai negara dalam memeriahkannya.

Berikut tradisi dari berbagai negara dalam perayaan Idul Fitri di seluruh dunia yang dilansir dari berbagai sumber:

Baca juga: Ledakan Bus di Afghanistan Jelang Gencatan Senjata Idul Fitri oleh Taliban

Pakistan

Penampakan bulan baru menandai akhir Ramadhan dan dimulainya Idul Fitri, maka mulailah perayaan Chaand Raat di Pakistan.

Setelah buka puasa terakhir, banyak wanita dan gadis Pakistan berbondong-bondong ke pasar lokal untuk membeli gelang warna-warni. Lalu, mengecat tangan dan kaki mereka dengan desain pacar yang rumit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para pemilik toko pun biasanya mendekorasi kios mereka dan tetap buka hingga dini hari sebagai tradisi, seperti yang dilansir dari The Culture Trip.

Suasana keramaian pasar di Chaand Raat menjadi salah satu semangat masyarakat dalam menyambut Lebaran dengan meriah dan riang.

Afrika Selatan

Akhir Ramadhan ditandai dengan penampakan bulan sabit pertama, yang dipraktikkan di seluruh dunia. Namun, ada yang unik di Afrika Selatan dengan tradisi maan kykers (pengamat bulan).

Muslim dari seluruh Afrika Selatan biasanya akan menghadiri acara di Cape Town untuk mencari bulan baru.

Namun, hanya para maan kykers, yang ditunjuk oleh Dewan Yudisial Muslim Afrika Selatan, yang dapat mengumumkan penampakan resmi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.