Adolf Eichmann: Perancang Holocaust Nazi yang Tak Pernah Menyesal hingga Akhir Hidupnya

Kompas.com - 12/05/2021, 03:59 WIB
Adolf Eichmann, orang berpengaruh Nazi. [Via The Famous People] Via The Famous PeopleAdolf Eichmann, orang berpengaruh Nazi. [Via The Famous People]

KOMPAS.com - Adolf Eichmann adalah tokoh yang memainkan peran penting dalam mengorganisir Holocaust, di mana hampir 6 juta orang Yahudi dari berbagai negara dimusnahkan.

Adolf Eichmann atau Otto Adolf Eichmann merupakan seorang SS-Obersturmbannfuhrer atau seorang letnan kolonel di Angkatan Darat Jerman.

Dia diberi tugas untuk mengumpulkan data dan mengatur untuk mendeportasi orang Yahudi dari kota-kota Eropa yang berbeda di bawah kendali Jerman selama Perang Dunia II oleh atasan langsungnya Letnan Jenderal Reinhard Heydrich.

Baca juga: [Cerita Dunia] Freddie dan Truus, Pasukan Remaja Pembunuh Nazi Era Perang Dunia II

Eichmann, menurut catatan biografi tokoh dunia yang dilansir dari The Famous People, mengatur pertemuan di mana atasannya Heydrich dan kepala Jerman lainnya dari berbagai dinas administrasi dan militer.

Mereka berkumpul untuk membahas dan menyetujui nasib jutaan orang Yahudi yang tinggal di daerah pendudukan Jerman di Eropa.

Eichmann melaksanakan keputusan yang diambil dalam pertemuan ini dan bertanggung jawab untuk mengirim orang-orang Yahudi ke berbagai kamp konsentrasi, di mana mereka dimusnahkan dengan menggunakan gas beracun dan metode lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika perang berakhir dengan kekalahan Nazi Jerman, Eichmann dan banyak perwira SS Jerman lainnya melarikan diri ke berbagai negara, di mana mereka meminta suaka dengan menyamarkan identitas mereka yang sebenarnya.

Dia ditangkap oleh dinas intelijen Israel, Mossad, dan digantung pada 1962, setelah dinyatakan bersalah atas kejahatan perang dalam persidangan yang dipublikasikan dengan baik oleh pengadilan Israel.

Baca juga: Pemburu Harta Karun Incar 48 Peti Emas Peninggalan Hitler dan Antek Nazi

Masa muda

Adolf Eichmann lahir di Solingen di Provinsi Rhine Jerman pada 19 Maret 1905. Anak tertua dari lima bersaudara.

Ayahnya, Adolf Karl Eichmann, adalah seorang pemegang pembukuan keuangan dan ibunya, Maria Schefferling, adalah seorang ibu rumah tangga.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.