[Cerita Dunia] Gedung Pencakar Langit Pertama di Dunia Tingginya 42 Meter

Kompas.com - 06/05/2021, 14:51 WIB
Home Insurance Building di Chicago, gedung perncakar langit pertama di dunia. [Via Thought Co] Via Thought CoHome Insurance Building di Chicago, gedung perncakar langit pertama di dunia. [Via Thought Co]

KOMPAS.com - Tahukah kamu di mana gedung pencakar langit pertama dibangun di dunia?

Cerita dunia yang dilansir dari Thought Co menyebutkan bahwa gedung pencangkar langit pertama dibangun sekitar akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Bangunan itu adalah Home Insurance Building di Chicago dengan tinggai 10 lantai.

Modern kini, bangunan lebih tinggi manjamur di mana-mana. Namun sebelum itu terjadi, manusia telah melalui serangkaian sejarah penemuan teknik arsitektur dan produksi baja secara massal.

Saat ini, gedung pencakar langit tertinggi di dunia lebih dari 100 lantai dan bahkan melebihi ketinggian 2.000 kaki (609 meter).

Baca juga: [Cerita Dunia] Bangkai Kapal Utuh Tertua di Dunia dari Yunani Kuno Karam di Laut Hitam

Pencakar langit pertama: Home Insurance Building Chicago

Bangunan pertama yang bisa dianggap sebagai pencakar langit adalah Home Insurance Building di Chicago, yang selesai dibangun pada 1885.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bangunan itu setinggi 10 lantai dan mencapai ketinggian 138 kaki (42 meter). Dua lantai ditambahkan pada 1891, sehingga ketinggian menjadi 180 kaki (54,9 meter).

Bangunan itu dibongkar pada 1931 dan diganti dengan Field Building, gedung pencakar langit yang lebih tinggi dengan 45 lantai.

Baca juga: [Cerita Dunia] Freddie dan Truus, Pasukan Remaja Pembunuh Nazi Era Perang Dunia II

Awal perkembangan gedung pencakar langit

Meskipun gedung pencakar langit pertama di dunia relatif kecil menurut standar saat ini, gedung-gedung itu menandai peralihan penting dalam konstruksi dan pembangunan perkotaan era modern kini.

Beberapa bangunan paling terkenal dalam sejarah awal gedung pencakar langit menurut Thought Co, di antaranya:

Pertama, Tacoma Building (Chicago) dirancang oleh firma arsitektur besar Holabird & Root. Kedua, Rand McNally Building (Chicago) yang selesai dibangun pada 1889 dan menjadi gedung pencakar langit pertama yang dibangun dengan kerangka semua baja.

Halaman:


Sumber Thought Co
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.