Kompas.com - 06/05/2021, 09:50 WIB
Ledakan reaktor nuklir di pembangkit Chernobyl HistoryLedakan reaktor nuklir di pembangkit Chernobyl

KOMPAS.com - Pada 26 April 1986 terjadi bencana nuklir ternama Chernobyl yang terletak di Pripyat, Ukraina, yang dulu bagian dari Uni Soiviet.

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Chernobyl mengalami insiden yang menyebabkannya terlepasnya isotop radioaktif 30 kali lebih tinggi dibandingkan ledakan bom atom di Hiroshima, Jepang pada 1945.

Sebanyak 8,5 juta orang terpapar radiasi dan sekitar 500 ribu orang meninggal akibat efek radiasi dari kecelakaan Chernobyl.

Sejak kejadian itu, banyak kabar berkembang, sebagian fakta dan mitos, apa sajakah itu? Berikut cek fakta dari mitos yang berkembang, seperti yang dilansir dari DW pada Minggu (25/4/2021).

Baca juga: 35 Tahun Bencana Chernobyl, Kecelakaan Nuklir Terparah di Dunia

1. Apakah Chernobyl adalah bencana nuklir terbesar yang pernah ada?

Bencana nuklir 1986 di pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl di dekat kota Pripyat di Ukraina utara sering digambarkan sebagai kecelakaan nuklir terburuk dalam sejarah.

Namun, penggambaran sensasional ini jarang diklarifikasi secara lebih rinci.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika istilah bencana nuklir tidak hanya digunakan untuk menggambarkan peristiwa, atau kecelakaan, di reaktor nuklir, tetapi juga emisi radioaktif yang disebabkan oleh manusia, maka ada banyak kejadian kontaminasi nuklir yang disebabkan oleh manusia, lebih besar dari pada bencana Chernobyl.

Kate Brown, profesor sains, teknologi, dan masyarakat di Massachusetts Institute of Technology mengatakan itu merujuk pada pabrik Amerika dan Soviet yang menghasilkan plutonium di pusat bom nuklir.

"Ayo bicara soal produksi plutonium," ujarnya kepada DW.

"Chernobyl mengeluarkan 45 juta curies yodium radioaktif hanya dalam dua tahun pengujian, pada 1961 dan 1962. Soviet dan Amerika mengeluarkan bukan 45 juta curie, tetapi 20 miliar curies yodium radioaktif," katanya.

Baca juga: [Cerita Dunia] Ledakan Reaktor Nuklir Chernobyl, Petaka Nuklir Terburuk Sepanjang Sejarah

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber DW
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.