Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Adolf Hitler Meninggal Bunuh Diri Usai 36 Jam Menikah

Kompas.com - 30/04/2021, 15:13 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

BERLIN, KOMPAS.com - Tanggal 30 April 1945 menjadi hari kematian Adolf Hitler, yang berujung pada menyerahnya Jerman tanpa syarat kepada Sekutu.

Menurut History, Adolf Hitler meninggal bunuh diri di bunker bawah markas besarnya di Berlin, bersama istri yang baru dinikahinya selama 36 jam.

The Washington Post mewartakan, Hitler mati bunuh diri dengan menembak kepalanya, sedangkan Eva Braun sang istri tewas akibat minum sianida.

Baca juga: [Biografi Tokoh Dunia] Adolf Hitler, Diktator Keji Pemantik Rasisme

Detik-detik kematian Hitler bermula ketika dirinya masuk bunker setelah mengucap selamat tinggal kepada para pelayannya dan meracuni anjingnya.

Hitler di hari terakhirnya di dunia mengenakan jaket seragam Nazi dan celana panjang hitamnya, sedangkan Braun memakai gaun biru dengan potongan putih.

Hitler saat itu berusia 56 tahun dan istrinya 33 tahun. Mereka baru menikah 1,5 hari atau tepatnya 36 jam.

Lokasi Bunker Hitlerallthatsinteresting Lokasi Bunker Hitler
Jam menunjukkan pukul 3.15 sore waktu setempat. Tidak ada suara yang terdengar dari dalam bunker, menurut sejarawan Ian Kershaw.

Sementara itu di atas permukaan tanah, Berlin hancur lebur dibombardir artileri Soviet yang berhasil menduduki ibu kota tersebut.

Sekitar 10 menit kemudian pelayan Hitler, Heinz Linge, yang setia mengabdi selama 10 tahun, mencium bau senjata yang baru ditembakkan.

Awalnya dia mengurungkan niat untuk membuka pintu, tetapi akhirnya tak kuasa menahan.

Saat dibuka, dia melihat Hitler dan Braun sudah tak bernyawa. Ada lubang peluru di pelipis kanan Der Fuehrer, sedangkan Braun beraroma sianida dan wajahnya berkerut.

Pistol tergeletak di dekat kaki Hitler dan darah menggenangi karpet.

 

Hitler yang menjerumuskan Eropa ke dalam Perang Dunia II dan menyebabkan kesengsaraan serta kehancuran tak terhitung ke seantero Benua Biru, telah tiada.

Baca juga: Kisah Misteri: Hitler Gunakan Pasukan Manusia Serigala di Perang Dunia II

Potret tak bertanggal Kanselir Nazi Jerman Adolf Hitler (1889-1945). AFP PHOTO/HEINRICH HOFFMANN Potret tak bertanggal Kanselir Nazi Jerman Adolf Hitler (1889-1945).
Hitler terbebani

The Washington Post pada 30 April 2020 menulis, selama berbulan-bulan sebelum kematiannya Hitler sudah pucat dan raut wajahnya penuh beban.

Dia juga diterpa berbagai penyakit seperti perut kembung kronis, berbagai masalah perut lainnya, bau mulut, dan dirawat dengan banyak obat seperti amfetamin, vitamin, bahkan pengobatan lintah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com