Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[Biografi Tokoh Dunia] Osama bin Laden, Ekstremis Pendiri Al-Qaeda

Kompas.com - 21/04/2021, 00:31 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber History

KOMPAS.com - Pada 1 Mei 2011, pasukan Amerika membunuh Osama bin Laden, pendiri Al-Qaeda, di kompleksnya di dekat Islamabad, Pakistan.

Para pejabat intelijen percaya bahwa Osama bin Laden adalah pihak yang bertanggung jawab atas banyakanya tindakan terorisme yang mematikan, meliputi pengeboman Kedutaan Besar AS di Kenya dan Tanzani.

Selain itu, pada 11 Septeber 2001 dilakukan terhadap Pentagon dan World Trade Center. Dia telah berada di daftar "paling dicari" FBI selama lebih dari satu dekade.

Baca juga: Lahan Pertanian Osama Bin Laden di Sudan Akhirnya Disita

Masa muda Osama bin Laden

Melansir History pada 2009, Osama bin Laden lahir di Riyadh, Arab Saudi pada 1957 atau 1958.

Ia adalah anak ke-17 dari 52 bersaudara yang lahir dari pasangan Mohammed bin Laden, seorang imigran Yaman yang memiliki perusahaan konstruksi terbesar di kerajaan Saudi.

Osama muda memiliki pendidikan yang istimewa dan mewah. Saudara-saudaranya dididik di Barat dan bekerja untuk perusahaan ayahnya, tetapi Osama bin Laden tetap tinggal di dekat rumah.

Pada saat itu, ayahnya merupakan konglomerat besar yang mendistribusikan barang-barang konsumen, seperti mobil Volkswagen dan minuman Snapple di seluruh Timur Tengah.

Dia bersekolah di Jiddah, menikah muda dan, seperti banyak pria Saudi, ia bergabung dengan Ikhwanul Muslimin.

Baca juga: AS Tuduh Iran Jadi Markas Al-Qaeda

Politik ekstrem

Menurut catatan biografi tokoh dunia, disebutkan Osama bin Laden menggunakan Islam dengan pemahaman yang ekstrem sebagai landasan beragama dan keyakinan politiknya.

Ketika dia kuliah pada akhir 1970-an, dia menjadi pengikut yang percaya bahwa semua Muslim harus bangkit dalam perang ekstrem, untuk menciptakan satu negara Islam.

Ide tersebut menarik bagi anak muda seperti Osama bin Laden, yang membenci apa yang dilihatnya sebagai pengaruh Barat yang tumbuh di kehidupan Timur Tengah.

Pada 1979, pasukan Soviet menginvasi Afghanistan, Osma bin Laden pergi ke Peshawar, sebuah kota Pakistan yang berbatasan dengan Afghanistan, untuk bergabung dengan gerakan perlawanan.

Ia juga mendorong para pemuda untuk datang dari seluruh Timur Tengah untuk menjadi bagian dari perang Afghanistan.

Organisasi mereka, yang disebut Maktab al-Khidamat (MAK) berfungsi sebagai jaringan rekrutmen global dan memberikan pelatihan kepada para tentara migran, yang dikenal sebagai "Arab Afghanistan".

Selain itu, disebutkan bahwa Osama bin Laden dan rekan-rekannya mungkin adalah kelompok yang mempraktikkan pan-Islamisme.

Baca juga: AS Yakin Al-Qaeda di Ambang Kematian Setelah Perang 20 Tahun

Halaman:
Baca tentang
Sumber History
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com