[Biografi Tokoh Dunia] Bapak Bahasa Italia, Dante Alighieri, yang Berpuisi Tentang Neraka, Api Penyucian, dan Surga

Kompas.com - 15/04/2021, 04:37 WIB

KOMPAS.com - "Oh mahluk hidup yang baik budi dan ramah, yang menjenguk kami melalui kegelapan udara, kami yang telah mewarnai dunia dengan darah...," begitulah sepenggal puisi karya Dante Alighieri yang dibacakan oleh Christine Hakim.

Puisi yang bertajuk "Neraka" tersebut dibacakan oleh Christine Hakim dalam acara "Tokoh Perempuan dalam Semesta Dante", pada Senin (12/4/2021), yang diselenggarakan oleh Institut Kebudayaan Italia bekerja sama dengan Kedutaan Besar Italia. 

Selain Christine Hakim, Satrya Rangga Buana membacakan puisi Dante, "Surga". Berikut sepenggal baitnya, "'Transmanusia' tidak sulit diungkapkan kata; tapi dapat diambil contoh pengalaman, dari yang diberi rahmat Tuhan setelah kematiannya."

 

Dalam acara peringatan 700 tahun wafatnya Dante yang masih dikenang hingga modern kini, sejumlah profesor asal Italia turut hadir, Alberto Casadei dan Massimo Arcangeli.

Baca juga: [Biografi Tokoh Dunia] Pangeran Philip, 7 Dekade Dampingi Ratu Elizabeth II

Siapa Dante?

Dante Alighieri lahir pada 1265 dari sebuah keluarga dengan sejarah keterlibatan politik Florentine, yang menjadi latar belakang salah satu karya puisinya.

Menurut catatan biografi tokoh dunia yang dilansir dari Biography, ibu Dante meninggal hanya berselang beberapa tahun setelah kelahirannya.

Pada usia 12 tahun, hidupnya telah diatur untuk menikah dengan Gemma Donati, putri dari seorang kerabat keluarga. Sekitar 1285, pasangan itu menikah.

Namun, cintanya jatuh pada wanita lain, yaitu Beatrice Portinari, yang akan memberikan pengaruh besar kepada Dante dan karyanya, The Divine Comedy.

Dante bertemu dengan Beatrice ketika dia berusia 9 tahun. Saat itulah, ia mengalami cinta pada pandangan pertama.

Pasangan ini berkenalan selama bertahun-tahun. Namun, cinta Dante untuk Beatrice itu "sopan" dan bertepuk sebelah tangan.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.