Kompas.com - 08/04/2021, 13:59 WIB

KOMPAS.com - Shin Choon Ho, tokoh legendaris yang menciptakan mie instan pertama dengan keunikan rasa pedas khas Korea. Ia dikenal sebagai raja ramyeon Korea Selatan.

Untuk menciptakan rasa khas pedas Korea, Shin Choo Ho memimpin tim eksperimen dengan berbagai resep, menguji lebih dari 20 jenis cabai, sebelum menemukan komposisi pas Shin Ramyun.

"Saya tidak mencoba menjual mi dengan menggunakan nama belakang saya," kata Shin ketika merek mie instan tersebut diluncurkan pada pertengahan 1980-an, seperti yang dilansir dari The Straits Times pada Sabtu (3/4/2021).

Baca juga: [Biografi Tokoh Dunia] Ruth Handler, Pencipta Boneka Barbie yang Terinspirasi dari Putrinya

"Shin hanyalah cara singkat dan sederhana untuk mengatakan pedas," imbuhnya merujuk karakter China untuk sebutan pendek yang artinya pedas.

Lebih dari 3 dekade, Shin Ramyun menjadi identik dengan mie instan Korea dan menjadi warisan terbesar Shin setelah ia meninggal pada 27 Maret 2021 di usia 91 tahun karena penyakit kronis.

Menurut biografinya, ia lahir pada 1930 di kota pelabuhan tenggara Ulsan, Shin Choon Ho adalah anak ketiga dari 10 bersaudara, adik dari pendiri Lotte, Shin Kyuk Ho.

Setelah lulus dengan gelar sarjana hukum pada 1958, ia bekerja di bisnis kembang gula Lotte di Jepang.

Namun, ia mengembangkan minat yang besar pada mi instan, yang baru saja ditemukan dan mulai populer.

Menurut laporan The Straits Times, Idenya itu ditentang kakaknya karena ia mencantumkan serta nama Lotte. Terjadi perselisihan sengit di antara keduanya.

"Berani-beraninya kamu mencantumkan nama Lotte pada mie instan?" protes Shin Kyuk Ho kepada Shin Choon Ho saat itu.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.