10 Jalur Air Penting Terkenal di Dunia, Terusan Suez hingga Terusan Panama

Kompas.com - 01/04/2021, 20:02 WIB

KOMPAS.com - Belum lama ini terjadi insiden yang menggemparkan dunia, yaitu Terusan Suez macet, karena kapal Ever Given yang bermuatan besar karam menutup penuh lebaran saluran.

Insiden besar yang berlangsung sepekan sejak Selasa (23/3/2021), membuat pelaku usaha merugi, yang diperkirakan mencapai 400 juta dollar AS (Rp 5,8 triliun) per jam, karena barang-barang tertunda dikirim.

Angka fantastis itu menggambarkan pentingnya peran kanal yang menghubungkan Eropa dan Asia itu terhadap perdagangan global.

Baca juga: [KISAH MISTERI] Kuburan Kapal Tanjung Harapan, Jalur Alternatif Berbahaya dari Terusan Suez

Sementara itu, pengertian terusan atau kanal yang difungsikan itu adalah jalur air yang secara khusus dibangun di sepanjang rute air laut utama untuk memungkinkan lewatnya kapal.

Kanal-kanal itu dibangun untuk menghubungkan jalur menuju badan air, seperti laut, danau, dan sungai, yang menawarkan rute alternatif ke kapal, terutama kapal kargo.

Kanal semacam itu sangat penting dalam industri maritim karena menawarkan rute transportasi yang lebih pendek, untuk melintasi jaringan air laut utama dan juga membantu mengatur lalu lintas laut secara internal di dalam negara.

Ada ratusan kanal pengiriman di seluruh dunia, dengan panjang, lebar, dan kedalaman yang berbeda, memfasilitasi pergerakan berbagai kapal dengan mudah setiap hari.

Beberapa kanal merupakan rute lalu lintas air tersibuk di seluruh dunia. Melansir Marine Insight pada 2019, berikut 10 kanal pengiriman paling terkenal dan tersibuk dari seluruh dunia:

Baca juga: Penyebab Kapal Ever Given Tersangkut di Terusan Suez Mulai Diselidiki

1. Terusan Suez

Dibuka pada November 1869, Terusan Suez memiliki panjang 193,30 kilometer, yang menjadi jalur air laut buatan yang terletak di Mesir.

Kanal ini menghubungkan Laut Mediterania dengan Teluk Suez. Terusan Suez adalah kanal pengiriman yang sangat penting di sektor maritim dunia karena merupakan salah satu rute pelayaran yang paling banyak digunakan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.