Kompas.com - 19/03/2021, 20:43 WIB

KOMPAS.com – Inggris merupakan salah satu negara di dunia yang menganut sistem monarki konstitusional.

Negara ini memiliki kepala negara seorang raja atau ratu dan gelarnya diwariskan berdasarkan keturunan. Sedangkan kepala pemerintahannya dipegang oleh seorang perdana menteri.

Di Inggris terdapat dua parlemen yakni House of Commons dan House of Lords. House of Commons diisi oleh anggota legislatif yang dipilih secara demokrasi melalui pemilu.

Sedangkan House of Lords diisi oleh sejumlah bangsawan dan orang-orang yang dipilih oleh ratu atau raja berdasarkan saran perdana menteri.

Baca juga: Michellle Obama Tidak Heran soal Sikap Rasial di Keluarga Kerajaan Inggris

House of Lords awalnya merupakan kumpulan para bangsawan, khususnya bergelar baron, pada abad ke-13.

Kumpulan para baron ini awalnya membentuk Dewan Kerajaan untuk menasihati raja Inggris. Meski tidak sepopuler dulu, gelar bangsawan di Inggris tetap lestari hingga saat ini.

Para bangsawan di Inggris memiliki tingkatan semacam hierarki dalam kehidupan Kerajaan Inggris.

Melansir berbagai sumber, berikut lima gelar kebangsawanan Kerajaan Inggris berdasarkan tingkatannya.

Baca juga: Terguncang karena Wawancara Pangeran Harry dan Meghan Markle, Begini Cara Kerja “Mesin Uang” Kerajaan Inggris

1. Duke atau Duchess

Duke merupakan gelar tertinggi di antara semua bangsawan di Inggris, hanya setingkat di bawah raja atau ratu. Duke memegang wilayah yang dikenal sebagai dukedom.

Sebagai contoh Pangeran Harry bergelar Duke of Sussex atau Pangeran William bergelar Duke of Cambridge. Atau pewaris takhta kerajaan Inggris, Pangeran Charles, bergelar Duke of Cornwall.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.