[KISAH MISTERI] Menguak Teka-teki Terowongan Kematian Perang Dunia I

Kompas.com - 18/03/2021, 20:18 WIB

KOMPAS.com - Penemuan penting dari Perang besar atau Perang Dunia I terakhir ditemukan di Perancis pada 1970-an.

Namun berkat kerja tim ayah dan anak sejarawan lokal, pintu masuk ke terowongan Winterberg di medan perang Chemin des Dames telah ditemukan.

Mereka menemukan lebih dari 270 tentara Jerman terbaring selama lebih dari satu abad. Lokasinya dalam hutan di punggung bukit tidak jauh dari kota Reims.

Oleh karena kekacauan perang, lokasi mereka sebelumnya menjadi misteri yang tidak terungkap oleh otoritas Perancis dan Jerman.

Mereka meninggal dengan cara yang paling menyiksa yang bisa dibayangkan.

Baca juga: Bom Perang Dunia II Seberat 1000 Kg Diledakan, Penduduk Masih Mengungsi

Terperangkap hidup-hidup

Pada musim semi 1917, Perancis melancarkan serangan untuk merebut kembali daerah perbukitan yang terletak di garis barat-timur, beberapa mil di sebelah utara sungai Aisne.

Jerman saat itu telah menguasai daerah perbukitan di sepanjang Chemin des Dames selama lebih dari dua tahun. Mereka memiliki sistem pertahanan bawah tanah yang kompleks.

Di dekat Desa Craonne, terowongan Winterberg membentang sejauh 300 m dari sisi utara di puncak. Terowongan ini tidak terlihat oleh Perancis.

Kegunaannya untuk memasok parit tempat berlindung tentara Jerman di lereng yang menghadap ke selatan.

Pada 4 Mei 1917, Perancis melancarkan serangan artileri yang menargetkan kedua ujung terowongan. Mereka meluncurkan balon observasi untuk melihat-lihat lereng yang menghadap ke utara.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.