Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/02/2020, 10:51 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com - Sebuah teori konspirasi jahat mengungkapkan adanya kecurangan yang dilakukan oleh Quaden Bayles

Bocah usia 9 tahun itu dianggap telah memalsukan jati dirinya. Dalam unggahan yang beredar, dia disebut sebenarnya berusia 18 tahun dan membuat video tentang keinginan bunuh diri agar mendapat banyak donasi.

Baca juga: Quaden Bayles, Anak Korban Perundungan di Australia Terima Donasi Rp 2,6 Miliar

"Apakah kalian dengar kabar tentang bocah 9 tahun di-bully dan mendapat donasi 200 ribu dollar AS dari berbagai selebritas? Namanya Quaden Bayles, dia berusia 18 tahun dan sebenarnya dia orang kaya dan seleb instagram. Kalian semua telah tertipu!"

Demikian unggahan yang muncul dari sebuah akun di Twitter, yang kini dilaporkan sudah dihapus.

Pernyataan serupa juga dilayangkan oleh pengguna akun twitter @shanohni yang mengatakan, "Apa-apaan ini? Dia berusia 18 tahun dan seorang aktor?" 

Namun ternyata, berita tersebut adalah hoaks. Quaden Bayles adalah anak kecil berusia sembian tahun.

Pada 2015, Studio 10 Australian Network pernah mewawancarai Quaden Bayles dan ibunya, Yarraka Bayles. 

Saat itu dikatakan kalau usia Quaden 4 tahun. Pembawa acaranya saat itu mengatakan, "Quaden Bayles berusia 4 tahun, berasal dari Brisbane dan merupakan sosok inspiratif. Kampanyenya ingin meningkatkan kesadaran orang-orang tentang dwarfisme."

Baca juga: Bullying (Perundungan): Penyebab, Jenis, Dampak

Quaden Bayles juga membuat sebuah profil di StarNow. Sebuah situs yang memberikan peluang bagi siapa saja untuk mendapatkan peran dalam akting dan modeling.

Di biodatanya, Quaden menulis, "Halo Namaku Quaden. Aku berusia 8 tahun dan aku salah satu dari hanya beberapa anak laki-laki Aborigin yang lahir dengan achondroplasia dwarfisme." Tulisnya meski tidak jelas kapan biodata itu dipublikasikan.

Dalam biodatanya, dia menulis tinggal di Brisbane dan sering kali menyukai jalan-jalan. Dia juga menyukai olahraga, hewan, makanan, keluarga, dan fesyen.

Dia menyebut mempunyai follower di media sosial yang besar karena kepribadiannya yang ceria dan senang membuat orang tertawa.

"Aku menerima keunikanku dan menginspirasi orang-orang untuk bahagia dan menghargai hal-hal sederhana dalam hidup."

Adapun dalam unggahan di situs StarNow tersebut, terdapat tulisan This profile is managed by Quaden's guardian (Profil ini dikelola oleh wali Quaden).

Dalam cek fakta yang dilakukan Snopes.com, sang ibu, Yarraka Bayles, mengunggah sejumlah foto putranya di media sosial selama bertahun-tahun.

Pada 2012, dia mengunggah serangkaian foto yang menunjukkan Quaden bermain di pantai, di mana Bayles menyebut usia Quaden saat itu 15 bulan.

Sementara New York Post membeberkan beberapa video. Di antaranya adalah tayangan program Today dari NBC TV pada 2016.

Tayangan tersebut menunjukkan bagaimana Quaden mempunyai seekor anjing, yang membantunya melewati masa sulit akibat perundungan.

Baca juga: Siswinya Jadi Korban Perundungan, SMP Muhammadiyah Butuh Akan Jadi Sekolah Ramah Anak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com