Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joki Kerbau India yang Torehkan Rekor Melampaui Usain Bolt Tolak Undangan Tes Atletik

Kompas.com - 18/02/2020, 21:35 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com - Seorang joki kerbau di India yang menjadi viral setelah melampaui rekor Usain Bolt memutuskan menolak tawaran tes atletik.

Srinivasa Gowda adalah bintang Kambala, sebuah olahraga di mana peserta berlari bersama sepasang kerbau di sawah, dan menempuh jarak sekitar 142 meter.

Baca juga: Lari 142 Meter dalam 13,42 Detik, Joki Kerbau Ini Disebut Lampaui Rekor Usain Bolt

Pada 31 Januari lalu, joki kerbau berusia 28 tahun itu mencatat waktu 13,42 detik setelah menempuh jarak 142 meter, atau 9,55 detik per 100 meter.

Sementara rekor dunia yang ditorehkan Usain Bolt, pelari asal Jamaika, pada Kejuaraan Dunia 2009 di Berlin adalah 9,58 detik per 100 meter.

Catatan Gowda kemudian menjadi viral, di mana Otoritas Olahraga India (SIA) kemudian menawarkan dirinya untuk mengikuti tes atletik.

Namun dilansir BBC Hindi via Russia Today Senin (17/2/2020), dia mengaku harus menolaknya karena ternyata dia sedang cedera di kaki.

"Selain itu, fokus saya di Kambala. Saya lebih terbiasa untuk berlari di hamparan sawah bersama dengan dua ekor kerbau saya," jelasnya.

Gowda juga menjelaskan perbedaan di antara dua olahraga yang mengandalkan kecepatan tersebut, seraya memberikan kredit bagi kerbaunya.

Menurutnya, kekuatan tungkai berperan sangat besar dibanding jari kaki. "Tak hanya joki, kerbau juga punya andil di setiap hasil," katanya.

Profesor Gunapala Kambada dari Akademi Kambala juga menekankan, Gowda mempunyai jadwal yang harus dia patuhi, meski dia mengaku "sangat terhormat" dengan undangan dari India.

"Masalahnya adalah dia punya jadwal Kambala selama tiga Sabtu depan. Itu komitmen yang tidak bisa ditolak. Mungkin di lain waktu dia akan ikut (tes atletik)," jelasnya.

Baca juga: Peneliti Temukan Semut Tergesit, Melangkah 10 Kali Lebih Cepat dari Usain Bolt

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com