Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamas Gunakan Gambar Wanita Cantik untuk Retas Ponsel Tentara Israel

Kompas.com - 18/02/2020, 08:28 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC

TEL AVIV, KOMPAS.com - Hamas dilaporkan menggunakan gambar wanita cantik untuk meretas ponsel puluhan tentara Israel, demikian keterangan militer.

Juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan, kelompok itu mengirim foto tersebut untuk menggiring sejumlah serdadu mengunduh aplikasi.

Letnan Kolonel Jonathan Conricus menjelaskan, tanpa disadari oleh tentara Israel, ponsel mereka diretas oleh Hamas berbekal gambar wanita cantik.

Baca juga: Pesawat Tempur Israel Hantam Pertahanan Hamas di Jalur Gaza

Dilansir BBC Senin (17/2/2020), Conricus menyatakan tidak ada "informasi berharga" yang diambil sebelum plot Hamas terbongkar.

Upaya peretasan itu disebut merupakan yang ketiga dalam beberapa tahun terakhir. Meski begitu, Conricus mengakui percobaan yang terbaru adalah yang tercanggih.

"Kami mengetahui bahwa mereka jelas belajar dari pengalaman, dan menaikkan kemampuan mereka," jelas Conricus dalam konferensi pers.

Dia menuturkan, si peretas menyamar sebagai gadis muda yang fasih berbahasa Ibrani, di mana dia mengaku sebagai imigran yang punya gangguan penglihatan atau pendengaran.

Setelah meyakinkan si korban, peretas kemudian mengirimkan sebuah tautan dengan dalih agar mereka bisa saling bertukar foto.

Namun, yang sebenarnya diunduh oleh tentara Israel itu merupakan malware, program yang bisa menyerang komputer maupun ponsel.

Begitu tautan itu diunduh, secara otomatis program akan menempatkan virus yang memberi akses bagi peretas data korban, termasuk lokasi hingga kontak di telepon.

Virus tersebut membuat Hamas bisa mengendalikan ponsel dari jarak jauh, mengambil foto maupun rekaman teleponnya tanpa sepengetahuan pemilik.

Letkol Conricus menjelaskan, IDF sudah membongkar rencana itu beberapa bulan sebelumnya. Namun, mereka terus melakukan pengawasan hingga Hamas benar-benar berhenti.

Mereka sudah memberikan peringatan kepada pasukan untuk terus waspada, dan menyebarkan panduan cara agar ponsel mereka tak diretas.

Israel dan Hamas merupakan musuh bebayatan, di mana dua kubu mengandalkan informasi intelijen untuk melanjutkan operasi mereka.

Baca juga: Siapa Pun Pemenang Pemilu Israel Tetap Jadi Musuh Hamas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com