Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erdogan Ancam Suriah "Bakal Membayar Mahal" jika Tentaranya Diserang

Kompas.com - 11/02/2020, 20:52 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

ANKARA, KOMPAS.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengancam pemerintah Suriah (bakal membayar mahal" jika tentaranya sampai diserang.

"Semakin mereka menyerang pasukan kami, mereka akan membayar harga yang sangat, sangat mahal," ancam Erdogan dalam pernyataan yang disiarkan televisi.

Pada Senin (10/2/2020), pejabat Turki mengklaim mereka "menetralkan" 101 tentara Suriah setelah lima serdadunya tewas diserang di Idlib.

Baca juga: Karena Erdogan, Mantan Pesepak Bola Turki Hakan Sukur Jadi Sopir Taksi Online

Damaskus, yang disokong Rusia, melancarkan operasi militer untuk merebut Idlib, wilayah terakhir yang dikuasai pemberontak sejak Desember 2019.

Dilansir AFP Selasa (11/2/2020), ratusan warga sipil tewas dan ratusan ribu lainnya mengungsi di tengah upaya pasukan pemerintah merebut kota demi kota.

Ankara mendukung kelompok pemberontak dalam konflik sejak 2011, dan mendirikan pos militer di Idlib berdasarkan kesepakatan dengan Rusia di 2018.

Dalam keterangan ofisial Ankara, setidaknya ada tiga pos pemantauan, begitu sebutan mereka, telah dikelilingi tentara Bashar al-Assad.

Erdogan pun melontarkan ancaman agar militer rezim Assad menarik diri dari wilayah mereka paling lambat hingga akhir Februari ini.

Mantan Wali Kota Istanbul itu mengatakan Damaskus sudah "mendapat apa yang mereka inginkan" di Idlib. Namun bagi Assad ternyata itu belum cukup.

Sementara Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu menyerukan kepada Rusia dan Iran, sekutu lain Suriah, untuk menghentikan Assad menyerang Idlib.

"Para penjamin rezim (Assad) seperti Rusia dan Iran seharusnya bisa meminta rezim untuk menyudahi agresinya," kata Cavusoglu dikutip NTV.

Delegasi Rusia yang terdiri dari pejabat militer dan intelijen dilaporkan menggelar perundingan di Ankara, mencari solusi atas konflik di Idlib.

Namun hingga saat ini, belum ada langkah konkret. Cavusoglu menyatakan, Erdogan bakal menelepon Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Sementara itu, Utusan Khusus Amerika Serikat (AS) untuk Suriah, James Jeffrey, dikabarkan bakal mengunjungi Turki pada Rabu (12/2/2020).

Washington memutuskan mendukung pemerintahan Erdogan setelah Damaskus menembaki pasukan mereka pada pekan lalu.

Baca juga: Erdogan Umumkan Rencana Mengirim Pasukan ke Turki ke Libya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com