Kompas.com - 10/02/2020, 21:34 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Sebanyak 135 dari 3.700 orang di kapal pesiar Jepang positif terinfeksi virus corona setelah 65 kasus baru terkonfirmasi.

Diamond Princess dikarantina sejak pekan lalu setelah seorang penumpang yang turun di Hong Kong menunjukkan infeksi 2019-nCov.

"Hasil tes dari 103 orang telah keluar, di mana 65 di antaranya positif terkena virus corona baru ini," kata Kementerian Kesehatan Jepang.

Baca juga: Ramai Cuplikan Pidato Menteri Kesehatan Singapura soal Virus Corona, Ini Selengkapnya..

Kementerian tidak memberikan dari negara mana saja ke-65 penderita baru dari total 135 orang yang terkena di kapal pesiar tersebut.

Dilansir AFP Senin (10/2/2020), pemerintah menyatakan mereka bakal terus melakukan tes terhadap penumpang dan awak kabin jika "diperlukan".

Sementara operator menyebut ada 66 kasus baru. Kebanyakan adalah warga Jepang. Sisanya berasal dari Ukraina, Inggris, maupun Australia.

Ketika Diamond Princess pertama bersandar, otoritas langsung melakukan pemeriksaan terhadap 300 orang, dan mengevakuasi mereka yang positif ke fasilitas medis.

Baca juga: Studi Ungkap, Virus Corona Bisa Hidup 9 Hari di Luar Tubuh Manusia

Dalam beberapa hari terakhir, pemeriksaan diperkecil dengan lingkup yang menunjukkan gejala atau menjalin kontak dengan pasien terdahulu.

Mereka yang masih di dalam kapal diminta terus berada dalam kabinnya, dengan sesekali diizinkan pergi ke luar ke dek terbuka.

Selama di luar, mereka diminta terus mengenakan masker, menjaga jarak, dan secara teratur diukur suhu tubuhnya oleh petugas.

Halaman:
Baca tentang
Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.