Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

135 dari 3.700 Orang di Kapal Pesiar Jepang Positif Terinfeksi Virus Corona

Kompas.com - 10/02/2020, 21:34 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

TOKYO, KOMPAS.com - Sebanyak 135 dari 3.700 orang di kapal pesiar Jepang positif terinfeksi virus corona setelah 65 kasus baru terkonfirmasi.

Diamond Princess dikarantina sejak pekan lalu setelah seorang penumpang yang turun di Hong Kong menunjukkan infeksi 2019-nCov.

"Hasil tes dari 103 orang telah keluar, di mana 65 di antaranya positif terkena virus corona baru ini," kata Kementerian Kesehatan Jepang.

Baca juga: Ramai Cuplikan Pidato Menteri Kesehatan Singapura soal Virus Corona, Ini Selengkapnya..

Kementerian tidak memberikan dari negara mana saja ke-65 penderita baru dari total 135 orang yang terkena di kapal pesiar tersebut.

Dilansir AFP Senin (10/2/2020), pemerintah menyatakan mereka bakal terus melakukan tes terhadap penumpang dan awak kabin jika "diperlukan".

Sementara operator menyebut ada 66 kasus baru. Kebanyakan adalah warga Jepang. Sisanya berasal dari Ukraina, Inggris, maupun Australia.

Ketika Diamond Princess pertama bersandar, otoritas langsung melakukan pemeriksaan terhadap 300 orang, dan mengevakuasi mereka yang positif ke fasilitas medis.

Baca juga: Studi Ungkap, Virus Corona Bisa Hidup 9 Hari di Luar Tubuh Manusia

Dalam beberapa hari terakhir, pemeriksaan diperkecil dengan lingkup yang menunjukkan gejala atau menjalin kontak dengan pasien terdahulu.

Mereka yang masih di dalam kapal diminta terus berada dalam kabinnya, dengan sesekali diizinkan pergi ke luar ke dek terbuka.

Selama di luar, mereka diminta terus mengenakan masker, menjaga jarak, dan secara teratur diukur suhu tubuhnya oleh petugas.

Kapal tersebut diperkirakan bakal terus dikarantina hingga 19 Februari mendatang, tepat 14 hari sesuai dengan masa inkubasi virus.

Baca juga: Virus Corona Ancam Pusat Finansial Singapura

"Stress dan sangat cemas"

Karantina itu membuat kehidupan penumpang tidak nyaman. Sebab, mereka harus berada di ruangan kurang ventilasi, dengan beberapa ada yang membutuhkan bantuan medis.

Kementerian kesehatan pada Senin menyatakan, terdapat 600 orang yang butuh penanganan medis, dengan setengahnya sudah dicukupi saat akhir pekan.

Menteri Kesehatan Katsunobu Kato menuturkan, pihaknya kini tengah berkoordinasi bagaimana cara memperluas pemeriksaan, maupun cara mereka diperiksa setelah lepas dari karantina.

Sementara Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengonfirmasi bahwa tindakan diagnosa di kapal pesiar tidak boleh melewati masa karantina yang disepakati.

Halaman:
Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com