Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok Berkostum Prajurit Afghanistan Sempat Bertengkar Sebelum Bunuh 2 Tentara AS

Kompas.com - 10/02/2020, 20:02 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KABUL, KOMPAS.com - Sosok yang berkostum prajurit Afghanistan dilaporkan sempat bertengkar sebelum melepaskan tembakan dan membunuh dua tentara AS.

Insiden itu terjadi Distrik Sherzad, Provinsi Nangarhar, pada Sabtu pekan kemarin (8/2/2020) ketika dua negara melakukan patroli gabungan.

Baca juga: 2 Tentara AS Tewas Disergap oleh Sosok Berpakaian Prajurit Afghanistan

Dalam keterangan Kementerian Pertahanan, sosok berpakaian serdadu Afghanistan itu menembaki patroli itu menggunakan senapan mesin.

Selain dua tewas, enam prajurit lainnya mengalami luka di mana mereka segera dilarikan ke fasilitas medis terdekat untuk mendapat perawatan.

Adapun Kementerian Pertahanan Afghanistan menerangkan, satu personel militer terbunuh dengan tiga lainnya luka-luka dalam serangan tersebut.

Dilansir New York Post Minggu (9/2/2020), kedua korban adalah Sersan Javier Gutierrez dari San Antonio, Texas, dan Sersan Antonio Rey Rodriguez asal Las Cruces, New Mexico.

Sumber internal Kabul kepada The Associated Press mengungkapkan, si pelaku adalah anggota pasukan dan mulai menembak setelah bertengkar.

Baik pejabat militer dua negara tidak mengonfirmasi kabar itu, di mana baku tembak itu terjadi tak lama setelah kedua kontingen bertemu.

"Pasukan dari negara asing itu berteriak," kata Salim Khan, seorang polisi yang tengah berada di markasnya saat serangan berlangsung.

Kepada Washington Post, Khan menjelaskan baku tembak itu berlangsung beberapa menit. Suara berikutnya yang dia dengar adalah helikopter yang mengevakuasi pasukan AS.

Ajmal Omer, anggota Dewan Nengarhar mengatakan, si pelaku telah ditembak mati dengan insiden tersebut tengah berada dalam investigasi.

Sejak 2020, sudah ada enam tentara AS yang gugur. Sementara sepanjang 2019 lalu, tercatat ada 22 oang personel militer yang tewas dalam pertempuran.

Baca juga: Akibat Serangan Rudal Iran, 64 Tentara AS Alami Cedera Otak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com