Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virus Corona Menyebar, Sentimen Anti-China Juga Meningkat

Kompas.com - 10/02/2020, 14:43 WIB
Miranti Kencana Wirawan,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

Sumber The Guardian,

MILAN, KOMPAS.com - Warga China yang tersebar di negara-negara Barat mengalami sentimen anti-China, anti-Asia atau yang selama ini dikenal dengan istilah sinofobia.

Di Italia, sebagai salah satu negara di Benua Eropa yang memiliki populasi warga China terbanyak, mengonfirmasi dua kasus terkait sinofobia.

Sepasang warga China yang baru tiba di Milan dari Wuhan pada libur Tahun Baru Imlek bulan lalu mengalami sentimen anti-China.

Baca juga: 910 Orang Meninggal, China Siapkan Dana Rp 143,92 Triliun Tangani Virus Corona

Di Milan, juga terdapat larangan bagi warga setempat untuk tidak datang ke restoran-restoran dan toko-toko China.

Direktur Sekolah Musik Santa Cecilia, Roberto Giuliani, sekolah musik tertua di dunia yang berada di Roma, dikritik oleh koleganya setelah aksinya yang berkaitan dengan sinofobia

Giuliani memberitahu muridnya yang berasal dari China, Jepang dan Korea Selatan untuk tidak masuk kelasnya sebelum memastikan mereka aman dari virus corona.

Media La Repubblica di Italia juga memublikasikan foto yang menunjukkan sebuah kafe di Roma memasang spanduk bertuliskan, "Semua orang yang datang dari China dilarang masuk."

Padahal, lebih dari 300.000 orang China tinggal di Italia dan sebanyak lima juta orang mengunjungi negara ini pada tahun 2018.

Baca juga: Wabah Virus Corona, Peserta MWC dari China Dikurangi dan Dikarantina

Dilansir dari The Guardian, Marco Wong, penasihat lokal di Kota Prato, sebuah rumah bagi populasi orang China memaparkan bahwa orangtua tidak mengirimkan anak-anak mereka ke sekolah apabila terdapat murid lain yang berasal dari China.

Orang-orang juga menulis di internet tentang larangan pergi ke toko dan restoran China disamping berita hoaks yang menyebar seperti seorang warga Italia yang tinggal di Wuhan mengetahui rahasia laboratorium yang menciptakan virus corona.

Anti-China juga dirasakan oleh Emily Jane O'Dell, seorang kolega profesor yang mengajar di Universitas Sichuan-Institut Pittsburgh, Republik Rakyat China, meski dia bukan orang Asia.

Emily Jane O'Dell melaporkan dalam counterpunch.org, sentimen anti-China dalam beberapa candaan rasis seperti dirty Asians dan sup kelelawar.

Menurut O'Dell, video tentang sup kelelawar yang sempat viral di media sosial itu diambil di Micronesia, bukan China.

Baca juga: Korban Meninggal Virus Corona di China Lebih dari 900 Orang

Teman O'dell yang berasal dari AS juga pernah mengatakan bahwa akan melemparkan semua orang China ke kamp pengasingan seperti yang telah mereka lakukan kepada orang Jepang.

Anti-China ini kemudian diketahui tidak hanya berada di AS tapi juga menyebar layaknya corona di Eropa, Korea Selatan, dan Filipina. 

Halaman:
Baca tentang
Sumber The Guardian,
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com