Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER INTERNASIONAL] Warga Timor Leste Dievakuasi dari Wuhan | Korban Meninggal Virus Corona Capai 490 Orang

Kompas.com - 06/02/2020, 07:07 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 17 warga Timor Leste dilaporkan dievakuasi dari Wuhan, kota yang menjadi pusat penyebaran virus corona, oleh Selandia Baru.

Kabar itu terjadi setelah Dili sempat meminta bantuan Indonesia untuk mengevakuasi dan mengarantina warganya yang ada di China.

Kemudian masih terkait virus corona, korban meninggal karena patogen yang mulai dilaporkan pada Desember 2019 itu mencapai 490 orang.

Dua kabar soal corona bisa Anda dapatkan dalam artikel populer internasional yang terjadi sepanjang Rabu (5/2/2020) hingga Kamis (6/2/2020).

1. Timor Leste Minta Bantuan Evakuasi Warganya dari Wuhan, Selandia Baru Menjawab
Pesawat dari Selandia Baru mengevakuasi 190 orang dari kota pusat virus corona, dengan 17 di antaranya adalah warga Timor Leste. Jawaban setelah Timor Leste diketahui meminta bantuan Indonesia.

Selain Negeri "Kiwi", pesawat itu juga membawa warga dari Inggris, Australia, beberapa negara Pasifik, dau paramedis, dokter, dan staf baik dari kementerian luar negeri dan kementerian dalam negeri dari Wuhan.

Keputusan Wellington terjadi setelah Timor Leste sempat meminta bantuan Indonesia. Bahkan, dia sempat meminta izin agar warganya bisa dikarantina di Bali.

Bagaimana kronologis evakuasi itu, serta bagaimana juga sikap Bali atas permintaan Dili, Anda bisa menyimaknya di sini.

2. Datang dari Indonesia, Remaja asal Kanada Dirawat di Malaysia Setelah Diduga Terinfeksi Virus Corona
Seorang remaja 17 tahun asal Kanada yang datang dari Indonesia dilaporkan dirawat di Malaysia setelah diduga terinfeksi virus corona.

Menteri Kesehatan Datuk Seri Dzulkefly Ahmad menyatakan, gadis itu tiba-tiba pingsan di pusat kota Kuala Lumpur (KLCC) pada Rabu pagi (5/2/2020).

Dzulkefly menjelaskan pihaknya segera mengambil langkah sesuai prosedur untuk memastikan bahwa remaja itu tidak tertular virus Wuhan.

Bagaimana pernyataan Menteri Dzulkefly selengkapnya, silakan Anda baca selengkapnya di tautan ini.

3. Korban Meninggal Virus Corona di China Tembus 490 Orang, Belgia Umumkan Kasus Pertama
Jumlah korban meninggal akibat virus corona di China mencapai 490 orang, setelah otoritas Hubei mengumumkan laporan kematian baru.

Dalam 24 jam terakhir atau sejak Selasa (4/2/2020), pemerintah provinsi yang menjadi lokasi asal penyebaran virus menyatakan ada 65 kematian baru.

Selain 490 korban meninggal, otoritas Hubei juga melaporkan adanya 3.887 kasus infeksi baru virus corona. Membuat jumlahnya menembus 23.324.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com