Kompas.com - 31/01/2020, 17:15 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Otoritas kesehatan Inggris mengumumkan kasus pertama virus corona di negaranya, di mana dua orang positif terinfeksi.

Dilansir CNN Jumat (31/1/2020), keduanya disebut merupakan keluarga, dan saat ini dirawat di Dinas Kesehatan Nasional (NHS) di kawasan barat laut.

Baca juga: WHO Tetapkan Status Gawat Darurat Kesehatan Global Virus Corona

"Kami bisa mengonfirmasi bahwa dua pasien dari Inggris, yang merupakan keluarga, positif terkena virus corona," jelas Profesor Chris Whitty.

Dikutip AFP, Whitty menerangkan keduanya mendapat perawatan khusus, seraya menuturkan pihaknya tengah mengidentifikasi siapa saja yang bersama mereka.

Dia menjelaskan, London sudah memikirkan jika saja patogen dengan kode 2019-nCov itu sampai ke ngaranya, dan mempertimbangkan kebijakan pencegahan.

"Kami juga bekerja sama dengan Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan komunitas internasional agar kami siap menghadapi segala kemungkinan," jelasnya.

Dengan masuknya Inggris, maka total negara di dunia yang terjangkit virus mirip Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS) itu mencapai 22 negara termasuk China.

Di Negeri Panda sendiri, virus tersebut sudah membunuh 213 dan menginfeksi lebih dari 9.000 orang sejak pertama kali tercatat pada Desember 2019.

Virus coron itu berasal dari Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei, dengan asalnya merupakan Pasar Seafood Huanan yang menjual hewan liar.

WHO melalui Direktur Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus mengumumkan status darurat dunia di tengah semakin merebaknya penyebaran virus tersebut.

Dalam konferensi pers di Jenewa, Swiss, Tedros mengatakan bahwa WHO menaikkan statusnya agar virus itu bisa diperangi secara global.

Baca juga: INFOGRAFIK: Mengenal Status PHEIC pada Wabah Virus Corona

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber CNN,AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.