Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengeluh Sakit Kepala hingga Muntah, Ternyata Ada Cacing Pita di Otak Pria Ini

Kompas.com - 29/01/2020, 17:15 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky News

AUSTIN, KOMPAS.com - Seorang pria yang mengaku mengeluh sakit kepala hingga muntah, akhirnya mengetahui jika sumber rasa sakitnya adalah cacing pita yang berdiam di otak selama 10 tahun.

Dokter di Texas mengemukakan, cacing itu tumbuh perlahan-lahan di tubuh Gerardo, nama laki-laki itu, setelah dia memakan babi yang tidak matang di Meksiko.

Baca juga: Pria Thailand Kisahkan Cacing Pita Diduga Sepanjang 10 Meter Keluar dari Anus Saat BAB

Gerardo mengungkapkan, dia sering mengeluh sakit kepala serta merasa "tidak nyaman" selama beberapa bulan, dilaporkan Sky News Selasa (28/1/2020).

Dia akhirnya memutuskan untuk menjalani pemindaian MRI setelah pingsan ketika sedang bermain sepak bola pada tahun lalu.

Kepada KXAN-TV, bagian dari NBC, Gerardo menuturkan bahwa rasa sakitnya itu terus menyerang hingga membuatnya mencucurkan keringat.

"Saya berkeringat karena rasa sakit yang berasal dari kepala, dan ketika saya sudah tidak tahan, maka saya pun muntah," paparnya.

Dokter Jordan Amadio, ahli bedah saraf Ascension Seton di Austin menuturkan, kasus yang menimpa Gerardo "langka dan luar biasa".

"Di kawasan tertentu, seperti Texas dan California, hal ini mungkin umum. Jadi, dalam pemikiran saya, setiap ahli medis harus waspada," jelasnya.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), beberapa jenis cacing pita bisa menyebabkan infeksi parasit taeniasis.

Berdasarkan keterangan pakar, memakan daging yang kurang matang bisa menjadi penyebab mengapa ada cacing tersebut di otak.

Gerardo melanjutkan, dia sembuh setelah menjalani serangkaian operasi yang rumit untuk mengeluarkan parasit itu dari kepalanya.

Gerardo berkata selain dirinya, cacing pita sempat menghinggapi otak saudarinya beberapa tahun silam.

Baca juga: Selama 15 Tahun, Otak Pria di China Dimakan Cacing Pita Sepanjang 12 Cm

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com