Kompas.com - 28/01/2020, 07:55 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Otoritas kesehatan di Jerman mengumumkan adanya kasus positif virus corona, menjadi negara Eropa kedua yang terjangkit.

Virus mirip Sindrom Pernapasan Akut Parat (SARS) itu sudah membunuh lebih dari 80 orang di China, dengan ribuan orang terinfeksi.

Baca juga: Kemenkes: Pakaian dan Makanan Impor Bukan Media Penyebar Virus Corona

Patogen dengan kode 2019-nCove itu juga menginfeksi puluhan negara lainnya di dunia, di mana pemerintahnya berencana melakukan evakuasi.

"Seorang pria di Region Starnberg telah terpapar dengan virus corona jenis baru," demikian keterangan Kementerian Kesehatan Jerman.

Dilansir AFP Senin (27/1/2020), pria yang tidak disebutkan identitasnya itu dilaporkan berada dalam dalam ruang isolasi dan mendapat pengawasan.

Kementerian tidak menjelaskan bagaimana pria itu bisa terpapar penyakit. Hanya menyatakan bahwa dia saat ini "berada dalam kondisi baik".

Perancis menjadi negara pertama di Eropa yang memaparkan adanya virus itu di negaranya, di mana tiga orang menjadi korban.

Ketiga korban dikabarkan baru saja bepergian ke China sebelum dirawat. Dua di antaranya berada di Bordeaux, dengan sisanya dirawat di Paris.

Berlin melalui Menteri Luar Negeri Heiko Maas sebelumnya sudah mengimbau warga untuk tidak melakukan "perjalanan sia-sia" ke China.

Selain itu, otoritas juga mempertimbangkan untuk mengeluarkan warganya dari Wuhan, kota di Provinsi Hubei yang menjadi asal penyebaran virus corona.

Baca juga: Menilik Wuhan, Kota Kuno China yang Diisolasi karena Virus Corona

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.