Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/01/2020, 12:38 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC

PYONGTYANG, KOMPAS.com - Bibi Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, dilaporkan muncul ke publik untuk pertama kalinya dalam enam tahun sejak eksekusi suaminya, Chang Song Thaek.

Kim Kyong Hui merupakan anak dari pendiri Korut, Kim Il Sung, dan adik dari mendiang ayah Kim sekaligus pemimpin kedua, Kim Jong Il.

Dia tidak terlihat lagi sejak suaminya dieksekusi oleh Kim Jong Un pada 2013 silam karena dianggap melakukan "aksi pengkhianatan".

Baca juga: Kim Jong Un Ulang Tahun, Trump Kirim Ucapan Selamat

Namun dilansir BBC Minggu (27/1/2020), media Korea Utara merilis gambar ketika dia tampil di hadapan publik saat menikmati perayaan tahun baru.

Dipublikasikan oleh KCNA, Kim Kyong Hui terlihat duduk di samping keponakan dan istrinya, Ri Sol Ju, di teater penuh sesak Pyongyang.

Oliver Hotham, editor NK News, situs yang memantau apa pun di Korut, menuturkan kemunculan bibi Kim Jong Un itu jelas merupakan sebuah kejutan.

"Para pengamat Korut rata-rata berasumsi bahwa dia diasingkan, atau ikut dibunuh juga setelah kematian suaminya," jelasnya kepadsa Reuters.

Kehadirannya untuk kali pertama dalam enam tahun terakhir menurut Hotham menunjukkan, Kim Kyong Hui masih punya pengaruh, mungkin sebagai penasihat.

"Ini juga mengingatkan betapa aneh dan brutalnya Korut. Sebab, dia duduk di samping pria yang telah membunuh suaminya," paparnya.

Kim Kyong Hui dan Chang Song Thaek merupakan figur berpengaruh Pyongyang ketika keponakan mereka berkuasa menggantikan ayahnya pada 2011.

Saat itu, Chang dipercaya merupakan mentornya. Namun dua tahun kemudian, tiba-tiba Chang dilengserkan secara dramatis dari pertemuan militer.

Dalam keterangan resmi yang dikeluarkan pemerintah, Chang mengaku melakukan plot untuk menggulingkan pemerintahan, sehingga harus dieksekusi.

Banyak pengamat menilai, keberadaan Chang merupakan ancaman bagi Kim. Karena itu, sang paman dimasukkan dalam operasi pembersihannya.

Baca juga: Kim Jong Un Lewatkan Pidato Tahun Baru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com