Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2020, 21:51 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

WUHAN, KOMPAS.com - Jumlah korban meninggal akibat virus corona di China dilaporkan telah mencapai 56 orang, di mana hampir 2.000 orang terinfeksi.

Berdasarkan catatan Komisi Kesehatan Nasional, terdapat korban baru di mana 15 orang meninggal, dengan muncul 688 kasus yang telah positif.

Di antara 15 korban tewas yang baru, 13 di antaranya berasal dari Hubei, provinsi di mana virus corona pertama kali menyebar pada akhir tahun lalu.

Baca juga: Seorang Warga China Diduga Terinfeksi Virus Corona di Sorong

Adapun seperti dilaporkan AFP Minggu (26/1/2020), Shanghai melaporkan kasus kematian pertamanya, demikian keterangan orotitas China.

Total dari 56 korban, sebagian besar atau 52 orang berasal dari Hubei, kemudian dua di Provinsi Henan, satu di Hellongjiang, dan satu lagi di Hebei.

Di Hubei, badan kesehatan setempat menyatakan 323 kasus baru virus yang mulai merebak di ibu kotanya, Wuhan, pada akhir Desember lalu.

Sejauh ini di seluruh China, Komisi Kesehatan Nasional menyatakan bahwa mereka telah menerima laporan adanya 1.975 kasus virus corona.

Dalam konferensi pers Sabtu (25/1/2020), Presiden Xi Jinping telah memperingatkan bahwa Negeri "Panda" bakal menghadapi "suasana berkabung".

Sebabnya, pesatnya penyebaran patogen dengan kode 2019-nCov itu membuat perayaan Tahun Baru Imlek yang sedianya digulirkan Sabtu dibatalkan di beberapa tempat.

Sebagai tindakan preventif, Beijing memutuskan menutup Wuhan dan sejumlah kota di sekitarnya agar virus tersebut tidak terus memakan korban.

Selain itu, mereka juga mengirimkan ribuan dokter dan perawat dari seantero negeri karena kasus baru selalu ditemukan setiap harinya.

Tak hanya itu. China juga membangun rumah sakit baru dengan kapasitas hingga 1.000 tempat tidur yang bakal berfungsi 10 hari ke depan.

Adapun virus ini menjadi perhatian dunia karena mirip Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS) yang sempat mewabah pada 2002-2003, dan membunuh ratusan orang di Hong Kong dan China.

Sejauh ini, total ada 13 negara termausk China yang telah melaporkan adanya virus corona. Negara itu seperti AS, Perancis, Jepang, hingga Vietnam.

Kebanyakan korban disebut baru saja bepergian dari Wuhan, dan kemudian mengalami demam di mana hasil tes menunjukkan mereka positif terinfeksi.

Baca juga: Tanggapan Kemlu Soal Evakuasi Mahasiswa Indonesia di Wuhan yang Khawatir Virus Corona

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com