Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berjuluk "Profesor", Pemimpin Baru ISIS Ini Dihargai Rp 68 Miliar

Kompas.com - 21/01/2020, 20:17 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber The Sun

LONDON, KOMPAS.com - Pemimpin baru ISIS, Amir Mohammed Abdul Rahman al-Mawli al-Salbi, disebut adalah salah satu pendiri dan dijuluki "Profesor".

Munculnya nama Salbi diungkapkan oleh dua sumber dari intelijen, dan dilaporkan oleh media Inggris, The Guardian.

Salbi disebut diumumkan sebagai pemimpin baru ISIS beberapa jam setelah kematian Abu Bakr al-Baghdadi, yang tewas pada Oktober lalu.

Baca juga: Pemimpin ISIS Pengganti Abu Bakr al-Baghadadi Dikenali

Baghdadi tewas dengan cara meledakkan diri di rumah persembunyiannya di Idlib, Suriah, setelah diserang oleh pasukan khusus AS.

Dikenal dengan nama gerilya Haji Abdullah, Amir Mohammed Abdul Rahman al-Mawli al-Salbi disebut adalah salah satu pendiri.

Dilaporkan The Sun Senin (20/1/2020), dia disebut bertanggung jawab dalam perbudakan kelompok minoritas Yazidi.

Tahun lalu, dia disebut bernama Abdullah Qardash. Namun, sumber Irak percaya nama terakhir adalah orang berbeda yang tewas dua tahun lalu.

Dijuluki "Profesor" dan "Si Penghancur", Salbi menjalankan tugas harian ISIS begitu AS mengumumkan Baghdadi sudah tewas.

Ada juga laporan yang mengungkapkan dia sudah mengambil alih kepemimpinan kelompok ekstremis itu sejak Baghdadi terluka akibat serangan udara pada Agustus.

Baca juga: Ulama ISIS Berbobot 136 Kg Ditangkap Polisi Irak

"Si Profesor"

Salbi merupakan mantan perwira militer di era diktator Irak, Saddam Hussein, dan mengawasi kegiatan ISIS di seluruh dunia.

Lahir di kota Irak Tal Afar, dia berasal dari keluarga Turkmen, dan menyelesaikan pendidikan Hukum Syariah di Universitas Mosul.

Sebagai salah satu petinggi di bagian legislasi, dia bertanggung jawab atas serangkaian eksekusi, seperti hukuman rajam bagi wanita yang dituduh selingkuh.

Dia dekat dengan Abu Bakr al-Baghdadi, ketika keduanya ditahan di penjara Kamp Bucca oleh AS, karena dituding berhubungan dengan Al-Qaeda.

Lokasi persembunyian Salbi dilaporkan tak diketahui. Meski begitu adiknya, Adel Salbi, adalah politisi di Front Turkmen Irak di Turki.

Baca juga: Bocah 9 Tahun Diperkosa dan Dijadikan Budak Seks oleh ISIS

Dikabarkan, pria yang tak disebutkan umurnya tersebut tetap menjalin kontak dengan Adel hingga dia dipilih sebagai pemimpin baru ISIS.

Sumber dari intelijen menerangkan, besar kemungkinan Salbi bersembunyi di Provinsi Idlib, Suriah, sama seperti Baghdadi.

Adapun Kementerian Luar Negeri AS sudah menawarkan uang hadiah 5 juta dollar, sekitar Rp 68,3 miliar, ke kepala Salbi.

Sebelumnya, nama Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi diumumkan untuk menggantikan Baghdadi sebagai Pemimpin ISIS.

Namun, nama tersebut dilaporkan adalah nama alias, dan tidak diketahui di kalangan intelijen, atau bahkan petinggi ISIS lainnya.

Baca juga: Didakwa Danai ISIS, Pria Singapura Ini Sebut Hanya Akui Hukum Syariah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Sun
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com