Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2020, 21:10 WIB

NAIROBI, KOMPAS.com - Harta 2.153 orang-orang terkaya di dunia pada 2019 setara dengan apa yang dimiliki 4,6 miliar warga miskin, demikian menurut laporan terbaru lembaga bantuan Oxfam, yang dikeluarkan Senin (20/1/2020).

Dalam laporan yang diberi judul "Saatnya untuk Peduli" ini, Oxfam mengatakan ketimpangan ekonomi semakin tidak terkendali.

Dua puluh dua orang terkaya di dunia memiliki aset lebih banyak dibandingkan kekayaan seluruh perempuan di Afrika.

Baca juga: Salah Info soal Kakek Mati Kelaparan, Wagub Sulsel Tetap Minta Warga Miskin Diperhatikan

Kekayaan yang ekstrem ini, kata Oxfam, diperoleh ketika dunia juga menghadapi masalah kemiskinan.

Perkiraan baru Bank Dunia menunjukkan hampir setengah penduduk dunia hidup dengan 5,5 dollar AS, atau Rp 75.000, per hari.

Dikatakan pula, sistem ekonomi yang ada lebih berpihak kepada segelintir pengusaha kaya, sebagian besar laki-laki, dibanding miliaran jam kerja yang dilakukan para perempuan di seluruh dunia, yang bekerja di sektor-sektor penting, yang sering kali tak dibayar atau digaji dengan sangat murah.

Para perempuan ini bekerja merawat orang lain, memasak, membersihkan rumah, mengambil air, mencari kayu bakar, dan kerja-kerja harian yang bermanfaat bagi masyarakat dan memastikan ekonomi berfungsi dengan baik.

Kerja para perempuan "yang tak terlihat"

Oxfam mengatakan kondisi ini harus diubah.

Pemerintah di seluruh dunia harus bertindak saat ini juga untuk membangun ekonomi manusiawi yang menghargai kaum perempuan dan hal-hal yang benar-benar bermanfaat bagi masyarakat, bukan mendorong sistem yang mengutamakan pencarian keuntungan dan kekayaan.

Pemerintah dan berbagai pihak juga didesak untuk melakukan investasi terhadap sistem nasional yang memberi perhatian terjadap kerja-kerja yang dilakukan para perempuan dalam merawat orang lain dan menerapkan pajak progresif, termasuk menerapkan pajak kekayaan dan mengeluarkan undang-undang yang memihak mereka yang bekerja untuk merawat orang lain.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.