Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2020, 19:11 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

CANBERRA, KOMPAS.com - Kawasan di tenggara Australia dilaporkan mengalami hujan es sebesar bola golf setelah sebelumnya menderita akibat kebakaran hutan.

Bongkahan-bongkahan es itu cukup untuk merusak kaca, melukai burung, serta terjadi sekitar 24 jam setelah kemunculan badai pasir.

Hujan es itu dilaporkan mulai turun di ibu kota Australia, Canberra, pada Senin sore waktu setempat, dilansir CNN (20/1/2020).

Baca juga: Hujan Es Pertama di Ruteng Manggarai Hebohkan Warga

Bongkahan itu membuat tanah nampak berwarna putih, dengan warga setempat segera berlindung, dan sopir menepikan mobilnya agar tak terhindar dari kerusakan.

Selain Canberra, hujan itu juga menerpa Melbourne dengan para pengunjung toko Woolworths harus segera menyelamatkan diri.

Kepada harian lokal Herald Sun, Krystian Seibert yang tinggal di kawasan Hawthorn mengungkapkan, hujan itu berbunyi seperti mesin pinball.

"Saya sudah tinggal di Melbourne sejak lama, dan saya tidak pernah mendapat pengalaman seperti ini sebelumnya," ujar Seibert diwartakan The Independent.

Hujan itu disebut berlangsung sekitar 15 menit, dengan peneliti dari Institut Australia di Canberra, Ton Swann, menyebut bola esnya berukuran 5 sentimeter.

Swann mengaku menemukan seekor kakatua terluka yang "ketakutan", di mana dia segera membawanya ke rumah sakit hewan.

Di sana, dia mengungkapkan banyak burung terluka yang dibawa. "Ada yang membawa kakatua galah, currawong, maupun gagak," paparnya.

Menurut Biro Meteorologi Australia, hujan es itu dilaporkan bergerak ke kota pesisir Sydney, Wollongong, dan Newcastle.

Biro memperingatkan kota-kota itu bisa mengalami angin kencang, hujan es berukuran besar, serta hujan air dengan curah tinggi.

Sebelumnya pada Minggu (19/1/2020), badai pasir melanda kawasan New South Wales, menyapu seluruh tempat dan menutupi matahari.

Dua fenomena alam tersebut begitu kontras ketika Negeri "Kanguru" dihantam kebakaran hutan yang menghanguskan banyak tempat sejak tahun lalu.

Setidaknya 28 orang tercatat tewas dalam kebakaran tersebut, dengan satu miliar hewan liar dalam berbagai spesies mati.

Lebih dari 2,500 rumah hangus terbakar, dengan daratan yang ukurannya sepertiga Jerman juga dllalap si jago merah.

Baca juga: Perubahan Iklim, Australia Jadi Negara Terpanas dan Terkering 2019

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com