Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanggar Terendam Banjir, Jet Tempur Israel Rusak

Kompas.com - 13/01/2020, 18:06 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

TEL AVIV, KOMPAS.com - Sejumlah jet tempur Israel dilaporkan mengalami kerusakan setelah hanggar tempat pesawat itu disimpan terendam banjir.

Dilaporkan harian Maariv via Jerusalem Post Minggu (12/1/2020), angkatan udara dikabarkan menderita kerugian hingga jutaan shekel.

Baca juga: Jet Tempur Israel Gempur Gaza, RS Indonesia Alami Kerusakan

Hanggar itu disebut berlokasi di seberang sungai, dan hujan lebat yang mengguyur pada Kamis pekan lalu (9/1/2020) membuat airnya meluap.

Banjir pun menerjang tak hanya hanggar dan mengakibatkan kerusakan pada jet tempur. Namun juga menggenangi landasan pacu.

Laporan yang beredar juga menyatakan, kru yang tengah bertugas harus dievakuasi setelah air setinggi 1,5 meter menggenangi tempat itu.

Sensor yang diberlakukan militer Israel melarang ketat kabar tersebut untuk dipublikasikan karena bisa mengancam keamanan nasional.

Namun diberitakan Israel National News, militer akhirnya meloloskan pemberitaan tersebut pada Minggu petang waktu setempat.

Angkatan udara berujar, mereka tengah menyelidiki insiden itu. Seperti mengapa hanggar itu tidak dipersiapkan untuk banjir.

Kemudian penyelidikan lain yang digelar adalah mengungkap mengapa jet tempur itu tak segera dipindahkan begitu air mulai menggenangi markas.

"Pekan lalu, pekerjaan kami adalah mengeringkan air yang membanjiri pangkalan. Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu," jelas militer.

Dalam keterangan AU, sejumlah pesawat tempur yang rusak itu bakal diperbaiki dan siap untuk terbang beberapa hari ke depan.

Baca juga: Rusia Sebut Pilot Jet Tempur Israel Sengaja Jatuhkan Pesawat Mereka

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com