Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Hutan Australia, 24 Orang Tewas dan 2.000 Rumah Hancur

Kompas.com - 05/01/2020, 14:06 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC,Sky News

CANBERRA, KOMPAS.com - Kebakaran hutan yang melanda tiga negara bagian di Australia dilaporkan menewaskan 24 orang, dengan lebih dari 2.000 rumah hancur.

Meningkatnya suhu disertai angin kencang membuat api merajalela di New South Wales (NSW), Victoria, serta South Australia Sabtu (4/1/2020).

Kebakaran hutan itu membuat ribuan orang mengungsi, dengan api kini mulai merambat ke kawasan pinggiran kota Sydney.

Baca juga: #PrayForAustralia, Keprihatinan atas Kebakaran Hutan di Australia...

Di Victoria, helikopter Angkatan Darat dikerahkan guna membantu evakuasi para penduduk yang masih terjebak oleh kobaran api.

Dilansir Sky News Minggu (5/1/2020), sebanyak 24 orang tewas sejak tragedi itu terjadi pada September yang lalu.

Korban terbaru adalah seorang pria 47 tahun di Batlow, NSW, di mana dia tewas ketika berusaha melindungi rumah temannya dari api.

Berdasarkan keterangan Kepolisian NSW, dia ditemukan tidak sadar di dalam kendaraannya, dan tidak bisa diselamatkan oleh paramedis.

Kemudian pada Sabtu dini hari waktu setempat, ayah dan anak yang bertempur melawan api meninggal di jalan raya Kangaroo Island.

Kebakaran hutan itu disebut menghancurkan 2.000 rumah, lima juta hektar lahan, dan membunuh sekitar 500 juta hewan liar di NSW.

Dikutip BBC, meski saat ini fokus pemerintah adalah di NSW yang paling terdampak, namun sejumlah daerah lain di Negara "Kanguru" juga dilaporkan terkena.

"Ini adalah momen sulit di seluruh negeri, terutama di NSW, Victoria, hingga South Australia," ujar Perdana Menteri Scott Morrison.

Dalam konferensi pers sebelumnya, dia mengumumkan bakal menerjunkan 3.000 tentara cadangan untuk membantu pemadaman.

Dia menuturkan, situasi mulai positif setelah hujan turun di sejumlah tempat. Meski begitu, masih ada titik api yang harus dipadamkan.

"Kondisi ini jelas sangat membantu. Namun, seperti yang sudah tekankan, perjuangan para pemadam kebakaran ini masih berlangsung," ucapnya.

Sejumlah pesohor dunia seperti aktris Nicole Kidman, hingga penyanyi Pink ramai-ramai berkomentar dan memberikan donasi.

Nicole Kidman, misalnya. Bintang Hollywood yang terkenal akan perannya di Moulin Rouge! itu menyumbang 500.000 dollar AS (Rp 6,9 miliar).

"Doa dan dukungan yang diberikan keluarga kami tercurah bagi siapa pun yang terdampak kebakaran hutan Australia," ujarnya di Instagram.

Jumlah yang sama juga didonasikan Pink. Sementara rapper Iggy Azalea menyumbang 100.000 dollar AS (Rp 1,3 miliar) bagi penampungan NSW.

Baca juga: Di Tengah Musibah Kebakaran Hutan, Australia Sambut Tahun Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC,Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com