Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beri Pesan Natal, Ini yang Diserukan Paus Fransiskus

Kompas.com - 25/12/2019, 20:47 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Paus Fransiskus menyerukan perdamaian atas berbagai krisis di dunia dalam pesan Natal yang disampaikan di Lapangan Santo Petrus, Vatikan.

Dia menggunakan pidato tradisional Urbi et Orbi (Dari Kota ke Dunia) untuk meminta penyelesaian atas berbagai konflik dunia.

Baca juga: Dalam Pesan Natal, Paus Fransiskus Serukan Damai di Yaman dan Suriah

Seperti dilansir AFP Rabu (25/12/2019), di antaranya adalah krisis Timur Tengah, Venezuela, Lebanon, maupun konflik di negara Afrika.

"Semoga Yesus membawa cahaya-Nya kepada anak-anak yang menderita akibat perang dan konflik di Timur Tengah dan negara lain," ujar Paus Fransiskus.

Paus berusia 83 tahun itu menyerukan dalam Pesan Natal, agar warga Suriah yang masih dilanda perang sipil agar mendapat ketenangan.

Dia mendesak komunitas internasional agar mencari solusi supaya masyarakat yang dilanda konflik bisa hidup aman dan damai.

Paus kemudian menggunakan pesan Natalnya supaya ada resolusi di Lebanon, di mana dia berharap negara itu "hidup berdampingan secara harmonis".

Pemimpin ke-266 Gereja Katolik Roma itu menyebut rakyat Irak maupun Yaman yang "menderita namun tetap teguh", tengah menanti perdamaian dan kemakmuran.

Kemudian di Amerika Selatan, dia menyatakan ada sejumlah negara yang tengah mengalami masa sulit, baik sosial maupun politik.

Dia menuturkan bagaimana krisis yang terjadi di setiap benua bisa membuat martabat orang-orang di dalamnya terusik.

Lebih lanjut, dia juga mendoakan para korban serangan dari kelompok ekstremis di Afrika, seperti di Burkina Faso, Mali, hingga Nigeria.

Baca juga: Pesan Natal Sekjen PBNU: Mari Wujudkan Indonesia Aman, Damai, dan Berkeadilan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com