Kompas.com - 20/12/2019, 13:37 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Liga Arab melontarkan peringatan kepada Brasil setelah resmi memindahkan kantor dagang mereka ke Yerusalem.

Sebelumnya, Presiden Brasil Jair Bolsonaro telah menegaskan dia akan mengikuti langkah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Baca juga: 5 Kebijakan Kontroversial Donald Trump, Akui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel hingga Perang Dagang

Yakni, dengan memindahkan kedutaannya dari Tel Aviv ke Yerusalem, sebagai langkah mengakui kota suci itu menjadi ibu kota Israel.

Trump sudah memindahkan Kedutaan Besar AS ke Yerusalem pada Mei 2018, setelah lebih mengakuinya sebagai ibu kota Israel pada 6 Desember 2017.

Minggu pekan lalu (15/12/2019), Brasilia membuka kantor dagang disaksikan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan putra Bolsonaro, Eduardo.

Dilansir AFP Kamis (19/12/2019), Eduardo membenarkan sang ayah telah berencana untuk menuntaskan janjinya kepada Netanyahu.

Liga Arab, yang melangsungkan pertemuan darurat atas permintaan Palestina, mengecam pembukaan kantor dagang tersebut.

Organisasi yang berbasis di Kairo, Mesir itu menyebut tindakan Brasil tidak sah dan mendukung pendudukan ilegal Israel.

Liga Arab juga menyatakan jika sampai kedutaannya dipindah ke Yerusalem, maka Brasil mengancam relasi dan kepentingan dengan Arab.

Tel Aviv menduduki Yerusalem Timur pada Perang Enam Hari, 1967, dan kemudian mendudukinya tanpa mendapat pengakuan internasional.

Israel mengklaim Yerusalem sebagai ibukotanya, sementara Palestina memandang bagian timur sebagai ibu kota masa depan mereka.

Keputusan Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel tidak hanya mengakhiri konsensus harus diputuskan melalui negosiasi dua negara.

Tetapi juga menuai amarah dari dunia Arab, di mana Presiden Palestina Mahmoud Abbas menolak tawaran perdamaian dari Washington.

Baca juga: Honduras Bakal Akui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.