Kompas.com - 27/11/2019, 11:49 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Kongres AS mengundang Presiden Donald Trump untuk hadir dalam sidang pemakzulan dirinya sendiri.

Pernyataan itu disampaikan Jerrold Nadler, Ketua Komisi Kehakiman House of Representatives (DPR AS), dilansir BBC Selasa (26/11/2019).

Undangan itu merupakan babak baru dalam upaya pemakzulan Trump oleh DPR AS buntut percakapan telepon dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.

Baca juga: Isu Pemakzulan Trump Masih Panas, Bagaimana Prospek IHSG Pekan Depan?

Dalam telepon itu, Trump meminta Zelensky guna menyelidki Joe Biden, calon penantangnya di Pilpres AS 2020 dari Partai Demokrat.

Penyelidikan yang digelar DPR AS bakal membuktikan, apakah dia membekukan bantuan militer agar Kiev bersedia menginvestigasi Biden.

Pekan lalu, Komite Intelijen DPR AS merampungkan rapat dengar pendapat yang digelar terbuka, dilanjutkan wawancara saksi secara tertutup.

Adam Schiff, Ketua Komite Intelijen, menuturkan bahwa departemennya bersama Komite Pengawasan dan Luar Negeri bakal menyelesaikan laporan mereka, dan diungkap pada 3 Desember.

Bagaimana Undangan kepada Trump Diberikan?

Nadler mengatakan, dia sudah menulis surat secara langsung kepada presiden dari Partai Republik bahwa dia bisa hadir dalam sidang 4 Desember.

"Dia mengambil kesempatan ini untuk hadir dalam sidang pemakzulan, atau berhenti mengeluh tentang prosesnya," tegas Nadler.

Trump memang berulang kali membantah dia melakukan pelanggaran, dan menyebut sidang tersebut merupakan upaya menjelekkannya.

Halaman:
Sumber BBC


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.