Kompas.com - 20/11/2019, 12:14 WIB

TOKYO, KOMPAS.com – Rabu (20/11/2019) menjadi hari yang bersejarah bagi Shinzo Abe. Sebab, dia memecahkan rekor sebagai perdana menteri (PM) terlama dalam sejarah Jepang.

Dilaporkan oleh The Japan Times, Presiden Partai Liberal Demokrat (LDP) itu sudah menjabat selama 2887 hari, atau sekitar delapan tahun.

Dia memecahkan rekor dari Perdana Menteri Jepang sebelumnya, Katsura Taro, yang menjabat selama 2886 hari, atau pada periode 1901-1906, 1908-1911, hingga 1912-1913.

Baca juga: Sebut Lift di Istana Osaka Kesalahan Besar, PM Jepang Dikritik

"Comeback" politik yang sukses

Pencapaian yang ditorehkan Shinzo Abe sangat luar biasa. Sebab, rata-rata PM Jepang hanya menjabat selama dua tahun.

Momen lain yang mengundang decak kagum adalah, awalnya banyak yang meragukan Abe bakal bertahan lama sebagai orang nomor satu di Negeri Sakura.

Pemerintahan periode pertamanya terjadi dari September 2006 hingga September 2007 berakhir secara memilukan.

Ketika itu, PM termuda Jepang tersebut terpaksa mengundurkan diri akibat gangguan kesehatan dan skandal demi skandal yang mengguncang pemerintahannya.

Memutuskan istirahat, suami dari Akie itu memutuskan comeback di politik dengan kembali terpilih sebagai presiden partai pada September 2012.

Selang tiga bulan menjadi pemimpin oposisi, dia memimpin LDP meraih kemenangan telak di pemilu Majelis Rendah, dan mengembalikan takdirnya sebagai PM.

Baca juga: Temui PM Jepang, Pemimpin Tertinggi Iran: Saya Tidak Punya Pesan untuk Trump

Politisi 65 tahun tersebut mengantarkan LDP meraih kemenangan meyakinkan dalam pemilu 2014 dan 2017, dan menjadikannya satu-satunya pemimpin partai yang mampu memenangi Majelis Rendah tiga kali beruntun.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.