Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Bau "Kaus Kaki Basah", Pesawat Airbus Dikembalikan ke Perancis

Kompas.com - 16/11/2019, 08:00 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

NOUMEA, KOMPAS.com - Sebuah pesawat Airbus jenis baru dilaporkan harus dikembalikan ke Perancis setelah muncul keluhan "bau kaus kaki basah".

Insiden itu dikabarkan oleh kru kabin ketika pesawat tersebut berada di Caledonia Baru yang berlokasi di kawasan Pasifik.

Baca juga: Garap Pasar Umroh Full Service, Batik Air Hadirkan Airbus 330-300 CEO

Awalnya, Airbus A-330neo menjalani perbaikan pada 4 Oktober sebagai bagian dari peremajaan armada di maskapai Air Caledonie International (ACI).

Tetapi menurut Manajer Umum ACI Didier Tappero, "bau kaus kaki basah" terus dicium oleh awak kabin selama proses lepas landas dan mendarat.

Dilansir AFP via Straits Times Jumat (15/11/2019), investigasi pun dilakukan dengan dugaan bau itu berasal dari minyak yang berasap.

ACI menerangkan, berdasarkan laporan Airbus, terindikasi kualitas udara di kabin jauh di bawah level beracun, dan sesuai standar internasional.

Tetapi untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut, maskapai menyatakan sudah mengambil sampel darah dari kru kabin yang telah mencium baunya.

Karena itu sebagai konsekuensinya, Airbus A-330neo, satu dari dua pesawat yang dipunyai ACI, bakal dikandangkan, dan dibawa ke pabriknya di Toulouse, Perancis.

Juru bicara Airbus Sean Lee mengatakan, saat ini pihaknya tengah mencari solusi terkait bau di kabin pesawat jenis baru tersebut.

Selain di Caledonia Baru, masalah serupa juga dilaporkan terjadi di Portugal serta Senegal.

Baca juga: Airbus A220 Tur Demonstrasi Keliling Asia, Mampirkah ke Indonesia?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com