Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kera Babon Pintar Ini Pakai Ponsel Pawang dan Pesan Barang secara "Online"

Kompas.com - 16/11/2019, 07:00 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

NANJING, KOMPAS.com - Seekor kera babon yang pintar kawasan timur China menjadi perbincangan setelah memegang ponsel pawang, dan memesan barang secara "online".

Lv Mengmeng, staf di Dunia Binatang Liar Yancheng di Jiangsu, awalnya hendak mengambil makanan bagi si babon. Dia pun pergi dengan ponselnya ditaruh di ruangan.

Baca juga: Misteri Kera Raksasa Setinggi 3 Meter Terkuak, Masih Kerabat Orangutan

Sebelum pergi, dia sempat memesan sejumlah belanjaan dan memasukkannya ke dalam daftar, dan tengah menunggu diskon Hari Lajang 11.11 sebelum mengonfirmasikannya.

Alangkah terkejutnya Mengmeng ketika kembali dan memeriksa ponsel, dia menemukan bahwa pesanannya sudah terkonfirmasi oleh sosok misterius.

Dilansir Daily Mirror Kamis (14/11/2019), Mengmeng yang dibuat kebingungan kemudian meminta supaya bisa melihat rekaman kamera pengawas.

Dia pun terkejut. Dalam rekaman bertanggal 6 November, si kera babon yang pintar menyeberangi ruangan dan mengambil si pawang.

Rekaman itu memperlihatkan si babon tersebut memegangi ponsel Mengmeng, dan kemudian membuat gerakan menggeser ke kiri dan ke kanan.

Kepada Jiangsu Public TV Channel, Mengmeng mengatakan dia sudah merawat kera itu. "Kami menghabiskan waktu lama bersama-sama," terangnya.

Dia mengungkapkan sering memesan barang dari toko online Taobao sepanjang waktu. Karena itu, kemungkinan si kera babon melihat dan meniru gerakannya.

Mengmeng menuturkan dia kembali ke ruangan dan melihat bahwa pesanannya telah terkonfirmasi. Awalnya dia mengira ada teman yang membuat lelucon.

"Tetapi saya kemudian menyadari bahwa itu adalah perbuatannya (si babon)," ujarnya. Beberapa hari kemudian, barangnya pun sampai.

Mengmeng mengaku dia memutuskan menyimpannya. "Lagipula ini adalah barang kebutuhan. Saya hanya sedih ada yang tidak mendapat diskon," tuturnya.

Baca juga: Diduga Kelaparan, Sejumlah Kera Berkeliaran di Permukiman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com