Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Datang ke Aksi Protes, Seorang Pria Irak Bawa Seekor Singa

Kompas.com - 16/11/2019, 06:00 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BAGHDAD, KOMPAS.com - Seorang pria Irak melakukan aksi yang mengejutkan dengan membawa seekor singa ketika mendatangi lokasi aksi protes menentang pemerintah.

Dalam video yang beredar, tampak pria itu memakaikan rantai di leher "si raja hutan" dengan bendera Irak yang dililitkan di tubuhnya.

Baca juga: Demonstrasi Menentang Pemerintah Kembali Terjadi di Irak, 42 Orang Tewas

Singa itu beserta pemiliknya bergerak ke arah sekelompok kecil pria, kemudian bersandar di sisi jalan dengan si pemilik berada di sampingnya.

Tidak dijelaskan kapan video itu diambil, dan terjadi di tengah aksi protes yang berlangsung selama 1,5 bulan terakhir di Irak.

Dilansir The Independent, Jumat (15/11/2019), sejauh ini 320 orang dilaporkan tewas, dengan ribuan lainnya terluka ketika bentrok dengan keamanan.

Empat orang terbunuh dan 65 lainnya terluka dalam insiden pada Kamis (14/11/2019), ketika pasukan keamanan mencoba membubarkan mereka di pusat Baghdad.

Aparat keamanan menggunakan gas air mata, peluru karet, hingga menembakkan peluru tajam dalam bentrokan di Lapangan Tahrir, pusat dari demonstrasi.

Kemarahan akan merosotnya ekonomi, ditambah dengan kurangnya lapangan kerja bagi generasi muda, memaksa mereka turun ke jalan dan berdemo.

Perdana Menteri Adel Abdul Mahdi sebenarnya sudah mengumumkan sejumlah paket kebijakan untuk memberikan kemakmuran bagi warga miskin.

Namun, peserta aksi protes menginginkan seluruh elite yang berkuasa sejak invasi AS yang menumbangkan Saddam Hussein 2003 silam meletakkan jabatan.

Setelah mengumumkan kemenangan atas Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) pada Desember 2017, Irak menikmati stabilitas selama dua tahun.

Namun, meski kaya minyak, banyak orang masih hidup dalam kemiskinan dan tidak mempunyai akses terhadap air bersih, pendidikan, dan kesehatan.

Baca juga: Harta Karun ISIS Bernilai Rp 361 Miliar Ditemukan Gembala di Padang Gurun Irak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com