Kompas.com - 14/11/2019, 12:05 WIB

KOMPAS.comMenteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi yakin perempuan sebagai inti upaya dialog antaragama memiliki peluang besar dalam mencapai masyarakat yang inklusif dan damai.

“Sudah saatnya wanita bekerja bersama untuk membawa panji toleransi dan moderasi,” kata Retno dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/11/2019).

Pernyataan itu ia sampaikan lewat pesan video saat membuka forum ASEAN Women Interfaith Dialogue dengan ASEAN-Institute for Peace and Reconciliation (ASEAN-IPR) sebagai pemrakarsanya.

“Sudah saatnya bagi perempuan menjadi agen perdamaian, toleransi, dan kemakmuran,” imbuh Retno.

Baca juga: Kemenlu Janji Bantu Produk Unggulan NTT Penetrasi ke Pasar Global

Ia melanjutkan, forum yang merupakan hasil kerja sama ASEAN-IPR Indonesia, Australia, dan Asia Foundation itu harus bisa menjadi platform untuk mewujudkan hal tersebut.

Forum yang digelar 12–13 November 2019 di Grand Sheraton, Jakarta itu bertema Promoting Understanding for an Inclusive and Peaceful Society.

Acara itu sekaligus merupakan tindak lanjut peluncuran pool of experts–ASEAN Women for Peace Registry (AWPR) tahun lalu di Filipina.

Selain itu, acara tersebut adalah suatu implementasi ASEAN Leader’s Joint Statement Women, Peace and Security tahun 2017.

Apresiasi forum ASEAN Women Interfaith Dialogue

Sekretaris Jenderal (Sekjen) ASEAN, Dato Lim Jock Hoi dan Chargé D’Affaires Australia Mission to ASEAN, Megan Jones yang membuka forum tersebut sangaat mengepresiasi kegiatan ini. 

Ini karena sesuai dengan kepentingan ASEAN saat ini, yakni pemberdayaan wanita dan aktualisasi perdamaian serta masyarakat inklusif di kawasan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.