Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Presiden Bolivia Evo Morales Mengaku Kepalanya Dihargai Rp 703 Juta

Kompas.com - 13/11/2019, 15:01 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Mantan Presiden Bolivia Evo Morales mengaku dia mengasingkan diri ke Meksiko karena nyawanya dalam bahaya.

Pernyataan itu dia sampaikan dalam konferensi pers, sesaat setelah dia mendarat di Mexico City menggunakan pesawat pemerintah Negeri "Sombrero".

Tak hanya itu. Evo Morales juga mengaku kepala dia dihargai 50.000 dollar AS, sekitar Rp 703 juta, oleh si "perencana kudeta".

Baca juga: Mengungsi ke Meksiko, Eks Presiden Bolivia Evo Morales Janji Kembali Lebih Kuat

Mantan Presiden Bolivia berusia 60 tahun itu mengaku berterima kasih kepada pemerintahan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador.

"Selama saya masih hidup, saya akan tetap di jalur politik. Setiap orang di dunia berhak membebaskan diri mereka dari diskriminasi dan rasa malu," tegasnya.

Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard mengunggah foto di Twitter yang memperlihatkan jet yang ditumpangi oleh Morales telah mendarat.

Gunakan "Rencana B"

Tersenyum dengan tangan terkepal di udara, Morales keluar dari pesawat yang mendarat di Bandara Internasional Mexico City pukul 11.15 waktu setempat.

Dilansir BBC Selasa (12/11/2019), dia mengungkapkan kisahnya ketika terbang ke Meksiko dari kota Bolivia Cochabamba, tempatnya berlindung.

Angkatan Udara Meksiko mengirim jet untuk menjemput Morales setelah mengizinkan permintaan suaka politik, dan sempat transit di Peru.

Tetapi begitu sampai di Bolivia, pemerintah Peru memberi tahu pesawat itu bahwa karena "alasan politik", mereka tak diperbolehkan transit lagi.

Ebrard mengatakan, di saat itulah mereka kemudian menggunakan "Rencana B". "Terdapat kesulitan dan ketegangan," ujarnya.

Sebabnya, terdapat sebuah situasi yang rumit tengah terjadi di bandara tempat sang presiden yang berkuasa sejak 2006 itu menunggu.

Akhirnya setelah bernegosiasi dengan sejumlah negara, pesawat itu diizinkan untuk mengisi bahan bakar di Paraguay sebelum terbang kembali via Brasil dan Peru.

Evo Morales, mantan aktivis petani koka, terpilih sebagai presiden pertama Bolivia dari kalangan pribumi pada 2006 silam.

Baca juga: Permintaan Suaka Dikabulkan, Eks Presiden Bolivia Evo Morales Terbang ke Meksiko

Dia menjadi terkenal setelah mengangkat ekonomi dan berjuang mengentaskan kemiskinan. Tetapi dia membuat langkah kontroversial ketika menang pemilu Oktober lalu.

Halaman:
Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com