Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2019, 18:29 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BOGOTA, KOMPAS.com - Seekor kucing Siam di Kolombia menjadi pahlawan setelah menyelamatkan bayi berusia 1 tahun sebelum dia jatuh dari tangga.

Dalam video yang direkam di ruang tamu di Bogota itu, si kucing bernama Gatubela itu langsung meloncat ketika Samuel Leon merangkak.

Si bayi yang mengenakan pakaian merah merangkak melewati ranjang dan kursi goyang, sementara si kucing terus mengawasinya.

Baca juga: Hasil Otopsi Kucing yang Dicekoki Ciu, Ada Alkohol dan Luka

Ketika akhirnya bayi 1 tahun itu hendak menuju ke tangga, Gatubela dengan sigap berlari dan mencoba menjauhkannya sebelum terjatuh.

Dilansir Daily Mirror Senin (11/11/2019), kucing pahlawan itu menancapkan cakarnya ke punggung Samuel, dan memaksanya mundur.

Setelah itu Samuel kemudian merangkak di sisi sebelah kanan Gatubela. Tetapi, mereka berakhir bermain bersama dengan Gatubela masih terus mengawasi.

Sang ayah, Jesid Leon, menuturkan bahwa Gatubela dibawa ke rumahnya ketika berusia satu bulan dan beberapa hari. Karena itu, dia akrab dengan Samuel.

"Dia lebih tua dua bulan dari anak saya," ujar Leon. Adapun Gatubela adalah terjemahan dari nama salah satu karakter DC Comics, Catwoman.

Diberitakan Metro, sang ibu Diana Lorena Alvarez mengecek kamera CCTV untuk melihat bagaimana bisa Samuel keluar dari ranjangnya.

Ketika akhirnya dia melihat rekamannya, Diana menyadari bahwa Gatubela sudah menyelamatkan nyawa putranya sebelum jatuh dari tangga.

"Saya pulang bekerja saat pagi dan mendapati anak saya masih tidur. Karena itu, saya kemudian menaruhnya di ranjang bayi," tuturnya.

"Jika tidak ada kucing itu, mungkin dia sudah terjatuh. Setelah melihat rekaman tersebut, saya merasa terkejut dan beruntung," terangnya.

Netizen pun memberikan komentar positif begitu video itu diunggah ke organisasi penyelamat dan adopsi kucing di Kolombia, Fundación Gatos Bogotanos en Adopción.

"Ketika kalian melihat kucing bertindak seperti ini, artinya dia bahagia di keluarganya dan ingin melindungi mereka," kata netizen bernama Rockit.

Baca juga: Serba-serbi Hewan, Benarkah Kucing Bisa Mabuk karena Catnip?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com